SALAM PAPUA (TIMIKA) - Dalam rangka memperingati HUT Injil masuk ke Kabupaten Nduga yang ke-61 tahun, jemaat perwakilan dari kurang lebih 14 gereja Kingmi di Kabupaten Mimika, yang merupakan masyarakat Nduga, menggelar bakti sosial pembersihan jalan raya yang dimulai dari jalan Poros Mapurjaya hingga ke ujung kampung Kadun Jaya.

Ketua Panitia perayaan HUT Injil masuk Nduga ke-61 Yohan Nirigi melalui Koordinator Bidang Usaha Dana Bartelinus Pokneangge menjelaskan bahwa HUT Injil masuk ke Nduga diperingati setiap tanggal 31 Oktober. Untuk memperingati hari bersejarah itu, seluruh jemaat gereja Kingmi asal kabupaten Nduga yang berada di Mimika melakukan bakti pembersihan jalan.

"Injil masuk ke daerah Nduga tanggal 31 Oktober 1961, makanya kami sebagai warga Nduga atau jemaat Gereja Kingmi yang ada di Timika juga harus merayakannya. Tanggal 1 April 2024 kami akan bersih-bersih di pinggiran jalan mulai dari jalan Poros Mapurjaya sampai ke Kadun Jaya, kemudian dari gapura depan Lanud Timika hingga ke batas kampung di Brigif atau ke arah Mapurjaya," ungkap Bartelinus kepada salampapua.com, Minggu (31/3/2024).

Bartelinus mengatakan bahwa pihaknya yang merupakan anggota Gereja Kingmi jemaat Efesus Kilometer 11 akan menjadi Tuan Rumah pada kegiatan tersebut. Pada kegiatan bersih-bersih jalan ini, pihaknya akan meminta bantuan atau sumbangan sukarela kepada semua warga yang akan melintas.

"Kami akan siapkan kotak atau kardus khusus untuk sumbangan sukarela. Untuk itu kami sangat mengharapkan keringanan hati dari setiap warga yang melintas," ujarnya.

Dengan adanya kegiatan ini, juga diingatkan agar seluruh masyarakat yang melintas di wilayah tersebut agar daapt mengontrol kecepatan kendaraan, baik roda empat ataupun roda dua agar tidak menimbulkan kecelakaan, baik bagi diri sendiri ataupun untuk jemaat Kingmi yang sementara melaksanakan bakti sosial.

Dia menambahkan bahwa panitia telah bekerja sejak awal Maret 2024 dan akan dilanjutkan dengan kegiatan-kegiatan lainnya, seperti pertandingan Futsal yang akan digelar pada 5 April 2024 serta kegiatan bakti sosial lainnya dan berakhir pada 1 September 2024.

"Kami  minta juga dukungan dari Pemkab Mimika, dalam hal ini Dinas Tata Kota dan instansi terkait lainnya agar dapat membantu kami melengkapi kekurangan yang akan kami perlukan saat kegiatan berlangsung pada tanggal 1-2 April 2024, seperti halnya untuk peralatan mesin babat, sepatu, kacamata, air minum dan makanan," tuturnya.

Penulis: Acik

Editor: Jimmy