SALAM PAPUA (TIMIKA) - Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Mimika menggelar pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-XII tingkat Kabupaten Mimika tahun 2024 yang berlangsung tanggal 1-3 Maret 2024.

Perlombaan MTQ yang mengangkat tema “Wujud revolusi hasanah budaya Islam dalam membangun generasi Qurani” ini, dibuka oleh Pj Sekda Mimika Ida Wahyuni, yang dilaksanakan di Aula Masjid Babusalam, Jumat malam (1/3/2024).

Pj Sekda Mimika Ida Wahyuni dalam sambutan Bupati Mimika Eltinus Omaleng mengatakan, MTQ merupakan salah satu program pembangunan bidang agama sebagai peningkatan pemahaman dan pengembangan nilai keagamaan di masyarakat, di antaranya adalah melalui kegiatan musabaqah tilawatil qur'an. Kegiatan ini merupakan pengembangan syiar Islam dan ikhtiar untuk mengagungkan kalam Ilahi, untuk meneguhkan kesucian-Nya, memperkuat keimanan, dan memperluas fungsi edukatif daripada kitab suci bagi umat Muslim.

“Saya berharap agar generasi qur'ani, semua yang berada di ruangan ini, juga tidak hanya sekedar sanggup membaca Al-qur'an, tapi juga memahami kandungannya agar bisa mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari,”ujarnya.

Dirinya optimis musabaqah tilawatil qur'an dapat terus dilaksanakan dalam rangka mengukuhkan silaturahim dan kebersamaan, sehingga semakin kuat dan terus bersinergi membangun keberagaman perekonomian dan pembangunan serta kesejahteraan bagi semua umat beragama se-bangsa dan se-tanah air.

“Saya juga mengapresiasi kerja keras panitia serta semua pihak yang telah berkontribusi dalam menyukseskan MTQ, yang mana Mimika terpilih sebagai tuan rumah dan mari kita siap sebagai tuan rumah yang baik dengan menjaga ketertiban dan keamanan,” ungkapnya.

Sementara Ketua Panitia kegiatan, Syarief Lacoro mengatakan, dengan tema yang diangkat dalam perlombaan MTQ secara langsung mengajarkan generasi muda untuk bisa melestarikan budaya Islam.

 “Ini merupakan kegiatan yang dilakukan dua tahun sekali, diharapkan melalui kegiatan ini bisa melahirkan Khalifa-Khalifa baru, serta perlombaan ini menjadi contoh kita di Timika menjadi tuan rumah pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi,” ujarnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy