SALAM PAPUA (TIMIKA) - Kepala Distrik Mimika Baru, Joel Daniel Luhukay mengatakan bahwa tahun 2024 ini pihaknya gencar melakukan pemutakhiran data seluruh penduduk.

Untuk mendukung hal tersebut, diminta kepada seluruh Ketua RT untuk melaporkan data penduduk di masing-masing wilayah setiap tiga bulan.

"Data yang dikumpulkan masing-masing RT diserahkan ke Kelurahan dan dilanjutkan ke tingkat Distrik," ungkap Joel, Senin (4/3/2024).

Pemutakhiran data wajib dilakukan guna mengetahui data warga yang masuk, yang pindah ke alamat lain serta warga yang telah meninggal dunia.

"Melalui pemutakhiran itu, kita bisa hapus data penduduk yang sudah pindah ataupun yang telah meninggal dunia, supaya nama-nama itu tidak lagi masuk dalam data penerima Bansos dan yang lainnya," ujarnya.

Data tersebut akan dimasukan ke database Distrik Mimika Baru sehingga ketika suatu saat dibutuhkan oleh pemerintah pusat, maka Distrik Mimika Baru bisa memberikan data yang valid.

"Untuk sementara pemutakhiran data masih secara manual, tapi ke depannya kita upayakan agar dilakukan berbasis online. Selama saya menjabat sebagai Kepala Distrik Mimika Baru, saya upayakan untuk pembenahan data penduduk saya," katanya.

Penulis: Acik

Editor: Jimmy