SALAM PAPUA (TIMIKA) - Adanya kasus polio atau lumpuh layu di wilayah SP3 Timika, Dinas Kesehatan (Dinkes) Mimika melalui Puskesmas Timika memberikan bantuan pembangunan MCK kepada keluarga di Kelurahan Koperapoka, Distrik Mimika Baru (Miru).

Hal ini diungkapkan Kepala Kelurahan Koperapoka, Frengky Max Dolwala saat menggelar Musrenbang tingkat Kelurahan, di Hotel Serayu Timika, Kamis (7/3/2024).

Frengky mengatakan, prioritas Kelurahan Koperapoka saat ini adalah membangun MCK, dimana pembangunan MCK ini untuk menanggapi kasus polio yang terjadi. Hal ini disebabkan sungai di SP3 mengalir hingga ke sungai Timika Indah, yang mana kasus polio tersebut berawal dari wilayah SP 3.

“Kasus polio inikan karena buang air besar sembarangan dan masih ada keluarga yang tidak memiliki MCK di Koperapoka, sehingga Dinkes melalu Puskesmas memberikan bantuan pembangunan MCK,” ujarnya.

Ia menjelaskan, dalam pembangunan MCK ini sudah ada 15 Kepala Keluarga (KK) yang telah mendaftar dan akan dibangunkan MCK. Dengan adanya program ini, sangat membantu warga Koperapoka.

“Program ini juga sebagai program skrining dari Dinkes, sehingga program ini sangat bermanfaat bagi kami, pembangunan ini juga untuk menindaklanjuti pencemaran sungai di Timika Indah karena DBD juga kasusnya lagi tinggi,” jelasnya.

Bukan hanya MCK, dia menambahkan, program prioritas selanjutnya yang dibutuhkan Kelurahan Koperapoka yaitu normalisasi drainase, dimana setiap lorong di Koperapoka selalu kebanjiran saat hujan, kemudian permintaan lampu solar cell dimana ada beberapa RT yang memiliki tiang listrik namun tidak ada lampu.

“Yang jelas program 2023 yang tidak dijawab di tahun 2024, kita masukkan lagi di tahun 2024 sehingga program ini bisa didorong pada Musrenbang Distrik Miru,” tutupnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy