SALAM PAPUA (TIMIKA) - Kepala Distrik Mimika Timur Jauh, Yulius Katagame mengungkapkan bahwa di wilayahnya tidak memiliki pos keamanan sehingga tahun ini pihaknya akan memasukkan program pembangunan rumah khusus petugas keamanan sebelum ada peningkatan status Koramil dan Polsek.

“Kami di sini tidak memiliki Polsek maupun pos keamanan. Jadi tahun ini masyarakat minta program pembangunan rumah khusus petugas keamanan dapat diusulkan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika,” ujarnya kepada salampapua.com, Jumat (15/3/2024).

Menurut Yulius, untuk keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah Mimika Timur Jauh masih bisa ditangani pihak Distrik, namun terkadang ada situasi dimana pihaknya membutuhkan kehadiran pihak kepolisian, seperti kasus-kasus yang terjadi karena dipicu pengaruh minuman keras.

Terkadang saat terjadi tindakan kriminal pihaknya harus menghubungi Polsek Miktim, namun karena jarak yang cukup jauh, membuat proses pengamanan menjadi sangat lama.

“Memang untuk keamanan kita disatukan dengan Mimika Timur, namun terkadang karena tidak ada anggota yang standby di lokasi Mimika Timur Jauh, membuat proses penanganan menjadi berlarut-larut,” tutupnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy