SALAM PAPUA (TIMIKA) - Intelektual muda yang merupakan putra asli suku Kamoro, Leonardus Tumuka mengapresiasi pelaksanaan seleksi terbuka  Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama yang saat ini berlangsung untuk mengisi jabatan Sekda Definitif Pemkab Mimika.

"Saya sangat mendukung dan mengapresiasi kepada Pemkab Mimika yang telah melakukan proses seleksi secara profesional," ungkap Leonardus kepada salampapua.com melalui sambungan telepon, Selasa (16/4/2024).

Meski demikian, peraih gelar doktor (Ph.D) dari Universitas Filipina, Los Banos, Lagua tahun 2015 ini mengaku mendengar selentingan dugaan bahwa seleksi jabatan penting ini "hanya sebagai formalitas".

Karena itu dirinya berharap pada seleksi jabatan Sekda definitif Pemkab Mimika  tetap mempertimbangkan aspek-aspek secara bijaksana terkait keberpihakan kepada suku asli Papua di Mimika.

"Kecuali kalau tidak ada anak asli yang ikut seleksi maka boleh membuat satu kebijakan yang mendekati keberpihakan bagi anak asli. Namun diharapkan dalam momen ini bisa diberi kesempatan untuk putra daerah memimpin daerahnya sendiri," ungkapnya.

Perlu diketahui bahwa di Papua diberlakukan UU Otonomi Khusus (Otsus) sehingga harus dijaga bersama agar prioritas tetap diberikan kepada orang asli Papua (OAP) sehingga Pemerintah Pusat, Provinsi dan Daerah bisa memberi dukungan kepada putra daerah Mimika dalam hal ini Abraham Kateyau agar menjadi pemimpin di daerahnya sendiri.

Menurut Leo, sapaan akrabnya, tidak bisa menghindari adanya pendekatan politik dalam urusan seperti ini, untuk itu dengan hormat dirinya memohon kepada Bupati, Wakil Bupati dan semua pejabat terkait di Pemerintah Provinsi Papua Tengah hingga ke Pusat supaya memberikan kepercayaan kepada putra asli daerah.

"Tanpa mengurangi rasa hormat bagi tiga kandidat lainnya, kita harapkan adanya dukungan bagi putra asli daerah," katanya.

Dia pun mengingatkan kepada seluruh masyarakat Mimika agar tetap mendukung proses ini, meski tidak terjadi seperti yang diharapkan masyarakat umum namun harus tetap menahan diri dan mengedepankan komunikasi agar Kamtibmas tetap terjamin.

Adapun empat kandidat yang saat ini mengikuti seleksi terbuka Sekda Mimika adalah Abraham Kateyau,S.E,M.H, Michael Rooney Gomar,S.STP,M.Si, Ronny Stepanus Marjen,S.STP, dan Ir. Yohana Paliling,M.Si.

Penulis: Acik

Editor: Jimmy