SALAM PAPUA (TIMIKA) – Dalam rangka memperingati hari Kartini 2024, pengurus denominasi gereja dan majelis masjid se-Timika mengikuti lomba merangkai bunga yang digelar oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Mimika, dan diselenggarakan di Gedung Bobaigo Keuskupan Timika, Jalan Cendrawasih SP2, Selasa (30/4/2024).

Kepala DP3AP2KB Mimika, Hermalina W. Imbiri mengatakan, dalam suasana memperingati hari Kartini 2024, Pemkab Mimika melalui DP3AP2KB menggelar perlombaan bagi perempuan dari perwakilan Gereja dan Masjid.

“Seharusnya di tanggal 21 April 2024 diselenggarakan, namun karena ada beberapa hari libur jadi kami sempatkan di hari ini. Ada 12 kelompok yang mengikuti perlombaan, dari ibu-ibu pengurus Gereja dan juga dari BKMT, satu kelompok terdiri dari 3 perwakilan,” ungkapnya.

Menurutnya, dengan adanya perlombaan merangkai bunga ini bisa menjadi wadah bagi ibu-ibu dalam menyalurkan bakat.

“Biasanya mereka hanya merangkai bunga di acara-acara, namun kali ini mereka ikut dalam perlombaan. Kegiatan ini juga bisa menambahkan rasa kekeluargaan antara ibu-ibu dan juga kekompakan sesama Majelis,” ujarnya.

Sementara Sekretaris TP-PKK Mimika, Leentje Paiman yang juga juri perlombaan tersebut, mengatakan bahwa lomba tersebut sangat baik karena ini dapat memupuk semangat ibu-ibu dalam meningkatkan ide dan inovasi masing-masing.

“Kami berharap ke depannya Dinas dapat melakukan pembinaan lebih lanjut kepada ibu-ibu, tidak berhenti hanya di perlombaan ini saja, sehingga ibu-ibu Majelis ini mempunyai kegiatan tambahan,” ujarnya.

Terkait indikator penilaian lomba, juri akan menilai dari sisi kekompakan, keserasian warna bunga, kerapian, keindahan bentuk bunga dan kreativitas kelompok.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy