SALAM PAPUA (TIMIKA) - Ketua Komisi Pemihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika, Dete Abugau menggelar Ibadah syukur atas terpilihnya sebagai Ketua KPU Mimika, yang diselenggarakan di Jalan Jayanti Mimika Gunung SP13, Distrik Kuala Kencana, Jumat (5/4/2024).

Date mengatakan, seharusnya acara syukur digelar pasca pelantikan pada 4 Februari 2024 lalu, namun banyak tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) dan kegiatan yang cukup padat, sehingga ditunda dan baru dapat direalisasikan hari ini.

“Saya sampai menjadi Ketua KPU Mimika itu saya tidak punya apa-apa, tapi saya punya Tuhan yang menopang saya, Kasih Tuhan yang membawa saya sampai di sini,” ujarnya.

Ia menjelaskan, Ibadah syukur dikemas dengan doa bersama, puji-pujian dan bakar batu ini merupakan salah satu Budaya orang asli Papua khususnya masyarakat wilayah Pegunungan. Dalam Ibadah syukur hadir pula sembilan Klasis Gereja Kingmi Mimika, keluarga besar Aroanop dari lokasi Trans Nabire, Kwamki Narama dan Mile 32.

“Semuanya datang dengan sukarela, mereka (masyarakat Aroanop) datang sumbang babi, sayur mayur, umbi-umbian untuk kita sama-sama bakar batu. Jadi total sekitar 20 babi yang kita bakar. Ini wujud syukur mereka karena ada putra Amungme yang menjabat sebagai Ketua KPU. Ibadah ini dilakukan murni ucapan syukur saja, tidak ada kepentingan lain,” jelasnya.

Sementara Ketua Klasis Gereja Kigmi Timika Kota, David Onawame kepada awak media berharap agar Dete dapat menjalankan tugas-tugasnya sebagai Ketua KPU sesuai kehendak Tuhan.

“Sebagai hamba Tuhan kami hanya dukung dalam doa, agar apa yang ia lakukan sesuai kehendak Tuhan, karena bila berdiri atas kehendak-Nya, maka semua akan sukses,” ujarnya.

Begitu juga dengan Ketua Klasis Persiapan Angaiya, Janes Natkime mengatakan bahwa ia pun mendukung dalam doa agar pengabdiannya sesuai dengan yang Tuhan inginkan.

“Amungme sebagai pemilik hak ulayat, perlu mengisi posisi yang selama ini tidak dipikirkan. Saat ini kesempatan yang Tuhan berikan ini merupakan langkah maju bagi anak-anak Amungme,” tuturnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy