SALAM PAPUA (TIMIKA) - Kepala Kantor Otoritas Bandara Wilayah X (Papua, Papua Tengah, Papua Selatan, dan Papua Pegunungan), Asep Kosasih menyebutkan bahwa berdasarkan hasil monitoring hingga H-7 hari raya Idul Fitri (Lebaran) tahun 2024, belum ada lonjakan penumpang yang hendak melakukan mudik melalui jalur udara di Bandara Mozes Kilangin Timika, Kabupaten Mimika.

"Untuk arus mudik lebaran di wilayah Papua landai-landai saja, tidak seperti arus mudik Natal dan Tahun Baru, begitupun di Timika. Monitoring kami di hari ini belum ada lonjakan yang signifikan, masih biasa-biasa aja," ungkap Asep saat ditemui di kantor UPBU Bandara Mozes Kilangin, Jalan C Heatubun Timika, Rabu (3/4/2024).

Dia mengungkapkan langkah strategis yang akan diambil jika terjadi lonjakan penumpang adalah adanya exstra flight dan penambahan jam operasi bandara hingga malam hari.

"Hingga saat ini belum ada maskapai yang mengusulkan exstra flight," ujarnya.

Meski tidak ada lonjakan penumpang namun pihaknya tetap menjalankan sistem posko, yang mana berdasarkan arahan Menteri Perhubungan RI, posko angkutan Lebaran dibuka mulai 3-18 April 2024.

"Sebelum 3 April, inspektur wilayah X telah melakukan inspeksi kesiapan Bandara. Alhamdulillah untuk bandara Timika sudah sangat siap karena fasilitasnya oke, fasilitas pemadam kebakarannya juga sudah sangat siap. Saya juga sudah ke Bandara Sentani, di sana juga sudah sangat ready," katanya.

Penulis: Acik

Editor: Jimmy