SALAM PAPUA (TIMIKA) - Stok di distributor menipis, harga bawang merah di pasar Sentral Timika, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, melonjak hingga Rp 80.000 per-kilogram dari harga sebelumnya Rp 65.000 hingga Rp 70.000 per-kilogram.

Riska yang merupakan salah seorang pedagang di pasar milik pemerintah itu mengaku bahwa kenaikan harga bawang merah terjadi sejak lebaran.

"Kenaikan harga itu karena persediaan di distribusi juga berkurang. Memang beberapa hari lalu ada kapal yang masuk, tapi bawang yang diangkut sangat sedikit," ujar ibu dua anaknya.

Selain bawang merah, harga kunyit juga mengalami kenaikan Rp 80 ribu per kilogram dikarenakan kurangnya ketersediaan pasokan dari petani.

Sementara harga jahe Rp 100ribu per kilogram, cabai rawit Rp 80.000 per kilogram, cabai merah besar Rp 90.000 per kilogram, dan tomat Rp 45.000 perkilogram.

"Harga jual semua jenis pangan itu disesuaikan dengan harga beli dari distributor atau petaninya, karena sebagai pedagang, kami juga ambil keuntungan meskipun sedikit," katanya.

Penulis: Acik

Editor: Jimmy