SALAM PAPUA (TIMIKA) – Saat ini telepon genggam (handphone) atau smartphone telah menjadi salah satu kebutuhan utama bagi masyarakat khususnya di Indonesia, sebab pada umumnya masyarakat terlihat seakan tidak bisa sedetikpun lepas dari telepon pintar tersebut.

Namun tidak hanya dari fungsinya, handphone terkadang dapat digunakan sebagai media “penampilan” diri yang dilihat dari jenis handphone menurut tingkatan harganya.

Angel yang merupakan penjaga di salah satu tokoh headphone di Jalan Belibis Timika, menjelaskan bahwa handphone yang paling diminati atau paling laris di Timika saat ini adalah iPhone dengan berbagai tipe terbaru.

“Kalau dari tahun lalu handphone iPhone yang paling laris terjual dan banyak tipe yang ditawarkan dari jenis HP ini,” ujarnya kepada salampapua.com, Rabu (3/4/2024).

Namun dari pembelian 8 unit di bulan Maret 2024, 5 unit di antaranya menggunakan sistem kredit dengan pembayaran 3 hingga 12 bulan.

“Karena kami menerima pembayaran kredit jadi konsumen bisa memilih membayar dengan sistem kredit. HP tipe ini memang bagus jadi memang banyak diminati terutama anak-anak remaja,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, selain iPhone dengan sistem iOS, untuk HP sistem Android yang terlaris ada Oppo dan Vivo. Sementara untuk HP Samsung juga masih diminati namun karena banyak HP Android yang menawarkan spesifikasi yang sama seperti Samsung tapi dengan harga yang lebih murah, maka masyarakat lebih memilih HP dengan harga yang lebih murah.

“Untuk sistem yang ditawarkan Vivo dan Oppo lebih baik dari pengisian baterai, dipenyimpanan datanya, hingga SOCnya tidak mandek, kemudian kameranya juga bagus, dengan tawaran harga terjangkau,” jelasnya.

Begitu pun dengan Rianti yang merupakan karyawan di salah satu counter HP di Jalan Budiutomo, yang mengatakan untuk handphone trend saat ini adalah iPhone dengan peminat anak remaja dan dewasa, selain itu disusul dengan handphone Android Vivo dan Oppo.

“Ada juga Asus ROG yang buat game banyak diminati anak-anak gamers yang memang spesifikasinya untuk main game sangat bagus performanya, termasuk dari ketahanan baterai hingga tidak adanya bug,” ujarnya.

Sementara Rudi yang merupakan salah satu konsumen handphone, mengungkapkan bahwa dirinya lebih memilih handphone Vivo yang lebih tahan lama baterainya dan dengan harga yang terjangkau.

“Kalau saya pribadi memang lebih senang gunakan Vivo, kalau Samsung harganya mahal tapi spesifikasinya sama saja dengan Vivo,” ungkapnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy