SALAM PAPUA (TIMIKA) - Menyikapi perkembangan situasi Kamtibmas di wilayah kerjanya, Kapolsek Mimika Baru, AKP J Limbong didampingi Kanit Binmas, I Made Aribawa dan Bhabinkamtibmas Kelurahan Inauga menggandeng seluruh tokoh masyarakat untuk memerangi peredaran minuman keras (Miras).

AKP Limbong menggandeng semua tokoh masyarakat melalui kegiatan Jumat Curhat yang bertujuan untuk menyaring aspirasi atau keluhan masyarakat dalam menyikapi ancaman gangguan Kamtibmas di lingkungannya serta upaya mempererat silaturahmi dan implementasi Polri hadir di tengah masyarakat.

Pada awal sambutannya di hadapan para ketua RT dan tokoh masyarakat, tokoh Pemuda, dan tokoh Agama di kelurahan Inauga,  AKP Limbong menyampaikan bahwa Miras merupakan pemicu munculnya permasalahan atau tindak kejahatan yang terjadi di Mimika.

"Miras merupakan penyebab utama terjadinya tindak kejahatan yang ada di Timika sehingga ancaman Kamtibmas selalu muncul," ungkapnya, Jumat (26/4/2024).

Kegiatan ini pun disambut positif para ketua RT dan tokoh masyarakat yang hadir dalam giat Jum'at Curhat dengan memberikan informasi yang terjadi di lapangan serta mengharapkan adanya tindakan tegas bagi para pelaku tindak kejahatan, khususnya kelompok pemuda yang sering mengonsumsi Miras yang kemudian membuat keonaran.

AKP Limbong mengimbau agar semua tokoh masyarakat tidak takut dan ragu dalam menyampaikan informasi apabila terjadi hal-hal yang mengarah pada tindak kejahatan melalui komunikasi langsung dengan pihak kepolisian atau melalui call center yang ada sehingga dapat dilakukan penindakan lebih lanjut.

"Jangan ada keraguan dan ketakutan untuk menyampaikan informasi kepada kami pihak aparat baik secara langsung atau melalui call center yang ada, untuk kami tindaklanjuti," katanya.

Selain hal itu Dia mengharapkan kepada para tokoh masyarakat dan tokoh pemuda untuk bisa membuat program positif seperti membangun sarana dan prasarana olahraga agar ke depannya para pemuda dapat berperilaku yang positif.

Sementara Lurah Inauga, Gerson Rumbara berkomitmen mensupport dan akan selalu melakukan koordinasi dan kolaborasi dengan pihak aparat keamanan khususnya Polsek Mimika Baru dalam menjaga Kamtibmas.

"Kami siap mendukung dan selalu berkordinasi bersama Polsek Miru untuk penanganan gangguan Kamtibmas," katanya.

Di akhir kegiatan, Polsek Miru juga memberikan bantuan alat kebersihan dan mesin pemotong rumput sebagai bentuk dukungan menjaga kebersihan di kelurahan Inauga.

Penulis: Acik

Editor: Jimmy