SALAM PAPUA (TIMIKA) - Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Mozes Kilangin Timika, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, Asep Soekarjo mengatakan tahun 2024 ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara akan membangun hanggar perawatan pesawat di Bandar Udara Mozes Kilangin.

“Sebelumnya kan hanggar perawatan ada di Nabire namun ada perintah dari Pusat untuk hanggar dipindahkan ke Timika, jadi tahun ini akan dibangun hanggar perawatan tersebut,” ujarnya kepada salampapua.com, Senin (15/4/2024).

Ia menjelaskan, hanggar ini dibangun untuk perawatan pesawat yang melayani penerbangan ke daerah Pedalaman, dan saat ini proses pelelangan telah berjalan, usai pelelangan akan langsung dikerjakan.

“Memang sengaja dibangun, karena apa, jangan sampai karena tidak ada hanggar perawatan pesawat, pelayanan penerbangan untuk daerah Pedalaman tidak berjalan dengan baik,” jelasnya.

Hanggar perawatan tersebut diupayakan akan menampung 4 pesawat jenis grand caravan, namun apabila jenis ATR yang masuk maka hanya bisa 1 ATR yang masuk, begitu pula dengan pesawat jenis Boeing.

“Untuk anggarannya saya tidak bisa menjelaskan, karena dari Pusat, kemudian untuk biaya perawatan pesawat juga nantinya akan ditentukan Kemenhub,” tutupnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy