SALAM PAPUA (TIMIKA) - Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Mimika menetapkan 81 titik lokasi pelaksanaan sholat ied 1445 H di Mimika, dimana 5 di antaranya adalah di halaman Eme Neme Yauware, Pasar Sentral, Kantor Polres dan sekolah Muhamadiah di wilayah Koperapoka serta Lapangan Tembagapura.

Ketua PHBI, La Itam Gredenggo mengatakan, khusus jemaah Muhamadiah akan melangsungkan sholat ied di halaman sekolah Muhamadiah di  Kelurahan Koperapoka.

“Pastinya ada 81 titik lokasi pelaksanaan sholat Ied. Di luar itu, jemaah juga meminta pelaksanaan sholat Ied di kompleks agar mereka tidak jauh-jauh dari rumahnya. Terkait keamanan, PHBI telah berkoordinasi dengan pihak keamanan yaitu Polres Mimika, karena selain sholat Ied, kami akan langsungkan pawai Gema takbir,” ujar La Itam usai mengelar rapat di Masjid Baiturahman SP2 Timika, Kamis (4/4/2024).

Ia mengungkapkan, untuk lokasi terbesar akan menggunakan halaman Eme Neme Yauware dan sebagai penceramah adalah Ustadz Munir, yang merupakan Ketua Ikatan Khotip Kabupaten Mimika, sedangkan selaku imam adalah Ustadz Damsir, pemenang MTQ Kabupaten Mimika.

“Imam dan penceramah kita tidak datangkan dari luar Mimika, karena di sini (Mimika) juga ada. Ya kami berharap seluruh DKM dan umat Muslim di Mimika bisa ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan gema takbir dan juga sholat Ied,” harapnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy