SALAM PAPUA (NABIRE) - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Papua Tengah menggelar Konferensi Provinsi I untuk pemilihan Ketua Definitif periode 2024-2029, yang dilaksanakan di Hotel Mahavira Nabire, Papua Tengah, Jumat (19/4/2024).

Dalam Konferensi perdana Papua Tengah ini dihadiri Wakil Sekjen PWI Pusat Raja Parlindungan Pane, Kepala Biro Umum Setda Pemerintah Provinsi Papua Tengah Bernard Sitorus dan 15 anggota PWI yang berdomisili di PapuaTengah.

Mewakili PWI Pusat, Raja Pane dalam sambutannya mengatakan, terjadi 2 kejadian bersejarah di Papua Tengah yaitu Uji Kompetensi Wartawan (UKW) perdana yang dilakukan di Nabire dan Konferensi Provinsi perdana untuk pemilihan Ketua PWI Papua Tengah.

“Pembentukan PWI ini seperti kejadian PWI di Solo, yang didirikan satu tahun setelah kemerdekaan, dan PWI Papua Tengah akan dibentuk setelah satu tahun Provinsi Papua Tengah terbentuk,” ujarnya.

Ia berpesan, kepada siapapun yang nantinya terpilih sebagai Ketua harus mengawal semua wartawan Papua Tengah untuk menjadi lebih baik. Ketua yang terpilih akan menjabat selama lima tahun dan bertanggungjawab atas program kerja yang akan dilaksanakan ke depannya.

“Setelah menjadi Ketua nantinya, maka akan menjadi pembina bagi semua wartawan di Papua Tengah. Saya ingatkan bahwa siapapun yang terpilih harus mengabdi sesuai dengan PD-PRT PWI,” ungkapnya.

Sementara mewakili Pj Gubernur Papua Tengah, Bernard Sitorus dalam sambutannya berharap dengan adanya konferensi Provinsi ini menjadi momentum awal untuk mengawal pembangunan di Provinsi Papua Tengah.

“Kami juga berharap wartawan bisa berjalan dengan baik tanpa adanya kepentingan. Buatlah pemberitaan yang baik sehingga Papua Tengah bisa maju, jangan memberikan berita yang hoax yang dapat menunda pembangunan di Papua Tengah,” tegasnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy