SALAM PAPUA (TIMIKA) - Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Mimika akan dilaksanakan dalam bentuk kegiatan pawai kendaraan pada malam takbiran Hari Raya Idul Fitri 1945 Hijriah pada 9 April 2024.

Ketua PHBI Mimika, La Itam Gredenggo mengatakan bahwa pendaftaran peserta pawai takbiran telah dibuka tanggal 20 Maret serta akan berakhir tanggal 7 April 2024 dan akan dibuka untuk umum.

"Pendaftaran sudah dimulai tanggal 20 Maret sampai tanggal 7 April yang dibuka untuk umum, berarti bukan hanya umat Muslim saja," ungkap Gredenggo, saat ditemui di Mako Polres Mimika, jalan Agimuga Mile 32, Rabu (3/4/2024).

Dia mengungkapkan, pawai takbiran akan digelar setelah salat ashar, tepatnya pukul 16.00 WIT, yang diawali dari masjid Baiturahman SP2 menuju kantor Bupati di SP3 untuk gelar buka puasa bersama pemerintah, salat magrib dan isha, kemudian melanjutkan pawai takbiran ke dalam wilayah kota dan berakhir di halaman graha Eme Neme Yauware.

Kendaraan hias yang terlibat akan dilombakan dengan kategori keindahan hias, takbir terbaik dan tim terbaik.

"Yang jelas pelaksanaan takbiran ini atas kerjasama dengan pemerintah. Memang dilombakan, tapi yang paling penting adalah meramaikan perayaan Idul Fitri," katanya.

Di tempat yang sama Kapolres Mimika, AKBP I Gede Putra mengungkapkan bahwa pengamanan Idul Fitri 2024 ini akan melibatkan 150 personel gabungan TNI-Polri, Satpol-PP, dan mitra lainnya yang akan ditugaskan di 7 posko, yakni di Bandara, Pelabuhan Poumako, Mapurjaya serta empat posko lainnya di dalam wilayah kota.

"Hari ini kami laksanakan rapat koordinasi yang melibatkan seluruh personel pengamanan dan instansi terkait serta panitia yang nantinya melaksanakan kegiatan saat Idul Fitri. Rapat ini untuk menganalisa penempatan personel pengamanan," ungkap AKBP Putra.

Penulis: Acik

Editor: Jimmy