SALAM PAPUA (TIMIKA) - Turnamen futsal tim putra dan putri dalam rangka pencarian dana perayaan HUT Injil masuk Kabupaten Nduga ke-61 berlangsung di halaman Gereja Efesus, Kolometer 11, Kampung Kadun Jaya, Distrik Wania, Kabupaten Mimika.

Ketua Panitia HUT Injil masuk Nduga ke-61, Johan Nirigi mengungkapkan bahwa pembukaan turnamen telah dilakukan 19 April 2024 dan akan berlangsung pukul 15.00 WIT setiap hari hingga akhir April 2024. Diharapkan turnamen ini berjalan dengan baik dan mengedepankan rasa kekeluargaan dan keharmonisan antar sesama tim.

Di samping itu Panitia berharap, setiap tamu yang berkunjung untuk menonton dapat membeli menu jualan gorengan, buah-buahan dan pinang untuk usaha dana panitia.

Sementara Kordinator Bidang Usaha Dana, Bartrlinus Pokneangge bahwa ada 9 tim putri dan 24 tim putra yang akan bertanding dengan sistem setengah kompetisi. Semua tata tertib telah disepakati bersama pada saat technical meeting, yang mana  penyelenggaraan turnamen adalah keputusan bersama manajer/official tim dan panitia.

"Komitmen itu tetap dijaga selama pertandingan Futsal berjalan," ungkap Bartelinus kepada salampapua.com, Selasa (23/4/2024).

Adapun hal yang menyedihkan dalam turnamen ini ialah tidak adanya dukungan dari Kepala Kampung. Padahal turnamen ini diinisiatif oleh pemuda yang lahir dan besar di Mimika dan kampung Kadun Jaya sebagai tuan rumah.

"Kami sebagai warga atau pemuda di kampung Kadun Jaya sangat kesal dengan  Kepala kampung yang selama ini tidak aktif membangun semangat pemuda lewat kegiatan seperti ini. Ini sebagai bentuk partisipasi kami dalam membangun Mimika," ujarnya.

Untuk itu diharapkan semua kegiatan yang diinisiatif kaum muda agar didukung  pemerintah, khususnya Kepala kampung.

“Selain itu kami mengembangkan nama kampung lewat olahraga sehingga dukungan pemerintah kampung sangat prioritas bagi pemuda/i di kampung ini. Saat ini kami membutuhkan timbunan pasir di lapangan futsal yang telah tergenang air,” tuturnya.

Selain tidak adanya dukungan Kepala kampung, turnamen ini berlangsung dalam kondisi hujan deras sehingga lapangan futsal tergenang air.

"Terpaksa kami selalu tunda pertandingan kalau saat hujan deras karena lapangannya tergenang air. Kami sebagai panitia terpaksa memohon pengertian dari semua tim untuk bersabar. Kalau lapangan sudah normal kembali, kami akan keluarkan jadwal pertandingan," tutupnya.

Penulis: Acik

Editor: Jimmy