SALAM PAPUA (TIMIKA) - Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob melaunching penerbangan perdana untuk rute Timika-Sorong-Ambon yang dilakukan oleh operator penerbangan TransNusa.

Launching ini dilangsungkan di bandara keberangkatan Mozes Kilangin Timika, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, Kamis (18/4/2024), yang dihadiri semua unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Wakil Bupati Mimika yang akrab disapa John Rettob dalam sambutannya mengatakan, kehadiran TransNusa diharapkan dapat memberikan pilihan penerbangan yang lebih bervariasi bagi warga Mimika, namun semua itu butuh komitmen.

“Sekarang kita bisa ke Sorong terbang langsung dengan TransNusa, dulu kita ke Sorong harus lewat Jayapura, namun ini pun harus ada komitmen dari maskapai, karena maskapai terdahulu juga begitu, kita buat ceremonial tetapi hanya terbang sekali saja, selanjutnya tidak lagi,” ujarnya.

Menurutnya, beberapa waktu lalu pernah diresmikian beberapa Inagurasi Flight seperti Timika-Wamena, Timika-Sorong, Timika-Tual, tetapi tidak berjalan.

“Saya harap TransNusa bisa komitmen, tidak seperti maskapai lainnya. Besok-besok connecting flight dari Sorong ke Manado atau Ambon bisa terwujud, sehingga orang Timika yang ke Ambon tidak lagi jauh-jauh ke Makassar,” ungkapnya.

Dari sisi infrastruktur, John mengungkapkan, Bandara Mimika sangat siap bahkan  mungkin terbaik di Papua ataupun Maluku dan Makassar.

“Bandara kami ada enam garbarata, jika banyak pesawat yang masuk, ya kita harap semuanya terpakai. TransNusa harus bisa tetap di sini, jangan tempat lain,” tuturnya.

Sementara itu, General Manager Operational TransNusa, Capten Heru Triperwiranto mengatakan, TransNusa kini membuka rute baru untuk menghubungkan kota-kota di Indonesia Timur,  setelah sukses meluncurkan rute dari Manado, Bali, Sorong, dan Ambon pada April lalu.

Dengan demikian, TransNusa kembali menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan konektivitas di wilayah Indonesia Timur, dengan meluncurkan rute baru yang menghubungkan lebih dekat lagi kota-kota di Timur Indonesia, sehingga dapat membawa harapan baru bagi pengembangan ekonomi dan infrastruktur regional.

"Kami berharap dengan mengkoneksikan kota-kota di Indonesia Timur ini, seperti Timika ke Sorong, dan Timika ke Manado juga Ambon melalui Sorong, akan membuka potensi besar dalam pengembangan ekonomi dan infrastruktur regional,” ujarnya.

Selain itu, integrasi infrastruktur transportasi dapat memberikan manfaat sosial seperti akses yang lebih baik terhadap layanan kesehatan, pendidikan, dan kesempatan ekonomi bagi masyarakat lokal. Dengan demikian, upaya untuk memperkuat konektivitas antara Sorong, Ambon, dan Timika akan menjadi langkah penting dalam memajukan pembangunan di bagian Timur Indonesia.

"Langkah ini merupakan bagian dari strategi TransNusa untuk memberikan akses transportasi yang lebih luas bagi masyarakat Indonesia, terutama di wilayah-wilayah yang sebelumnya memiliki keterbatasan akses,” ungkapnya.

Dengan meluncurkan rute-rute baru ini, perusahaan tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan konektivitas antar-kota, tetapi juga untuk membuka peluang bisnis baru dan meningkatkan potensi ekonomi di daerah-daerah tersebut.

TransNusa berkomitmen untuk terus bekerja sama dengan berbagai pihak untuk memperluas jaringan penerbangannya serta mendukung pertumbuhan ekonomi dan kemajuan di wilayah-wilayah yang dilayaninya.

“Dengan peluncuran rute-rute baru ini, TransNusa berharap dapat memberikan alternatif  transportasi yang lebih efisien dan terjangkau bagi masyarakat Indonesia Timur, sambil terus menjaga standar layanan yang tinggi,” harapnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy