SALAM PAPUA (TIMIKA) - Warga di Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Wania, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, tepatnya di lorong Soter Elmas, dikagetkan dengan adanya bangkai babi besar di dalam karung yang menyebar bau busuk di pinggir jalan besar.

Nansi yang merupakan salah satu warga di sekitar Jalan tersebut, mengungkapkan rasa khawatir sekaligus marah karena orang yang tidak bertanggung jawab telah membuang bangkai tersebut secara sembarangan. Bangkai tersebut mengeluarkan aroma yang sangat busuk.

“Babi itu sudah dari malam, petugas sampah juga tidak mau ambil, kami juga takut jangan sampai babi yang dibuang terkena virus ASF,” ujarnya kepada salampapua.com, Kamis (18/4/2024).

Padahal menurutnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika telah menyiapkan tempat penguburan bangkai babi, sehingga pembuangan bangkai ini tidak menimbulkan masalah ataupun penyakit lainnya.

“Padahal ada cara lain untuk kubur bangkai ini, beginikan kami takut bisa menyebarkan virus lagi,“ ungkapnya.

Sama halnya dengan Nansi, salah satu warga yang rumahnya berdekatan dengan tempat pembuangan bangkai tersebut, Petrus mengeluhkan dan telah menelpon petugas sampah kompleks, namun petugas sampah enggan mengangkat bangkai tersebut.

“Saya sudah telpon petugas tapi belum diangkat, mereka juga takut mau angkat kayaknya. Kami tunggu saja nanti petugas sampah dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Mimika, semoga besok pagi sudah diangkat,” ujarnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy