SALAM PAPUA (TIMIKA) - Ketua Yayasan Caritas Timika Papua (YCTP), Anthonius Tapipea mewakili Badan Pembina dan Pengurus YCTP menyampaikan terima kasihnya kepada PT Freeport Indonesia (PTFI) yang telah melaksanakan program layanan kesehatan operasi katarak secara gratis di Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM) Timika.

Kepada salampapua.com, Anthonius menyebutkan bahwa pelaksanaan program kesehatan gratis dalam rangka HUT PTFI ke-57 itu langsung dihadiri Presiden Direktur PTFI Tony Wenas, Direktur & Executive Vice President Sustainable Development PTFI Claus Wamafma, perwakilan Yayasan Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) serta Lemasa dan Lemasko.

"Kami atas nama YCTP sampaikan terima kasih atas program PTFI yang sangat luar biasa. Program itu sangat menyentuh masyarakat asli," ungkap Anthonius, Sabtu (6/4/2024).

Lebih lanjut disampaikan, RSMM telah berusia 25 tahun, untuk itu diharapkan PTFI dapat melakukan pembaruan karena telah banyak fasilitas pendukung yang tidak bisa lagi difungsikan.

Meski YCTP telah banyak melakukan inovasi-inovasi guna mendukung sarana dan prasarana di RSMM, namun masih banyak kekurangan yang menjadi kendala dalam melayani masyarakat tujuh suku. Oleh sebab itu, dalam rangka HUT ke-57, PTFI  harus bisa membenahi RSMM.

"Pasca 25 tahun berdiri, sangat banyak fasilitas di RSMM masih menggunakan peralatan yang lama dan sudah banyak peralatan sudah tidak bisa mendukung pelayanan. Diharapkan kalau di PTFI bisa melakukan pembaruan, maka RSMM juga harus dilakukan pembaruan," ujarnya.

Selain peralatan, RSMM juga masih kekurangan sumber daya manusia (SDM) seperti dokter, tim medis dan tenaga lainnya.

"RSMM juga akan rayakan HUT ke-25, PTFI harus bisa membantu membangun kembali RSMM supaya bisa menunjang melayani masyarakat Amungme, Kamoro dan lima suku kerabat yang punya hak mendapatkan perawatan di RSMM," ujarnya.

Penulis: Acik

Editor: Jimmy