SALAM PAPUA (TIMIKA) - Yayasan Pendidikan Jayawijaya (YPJ) Kuala Kencana, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, menggelar turnamen Basketball antar Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Mimika, yang dilaksanakan di Sporthall YPJ Kuala Kencana dan berlangsung selama 2 hari, 27-28 April 2024.

Dalam turnamen ini, YPJ menggundang 4 SMP yakni SMPN 4 Timika, SMP Shining Stars, SMP Santa Maria dan SMP Kalam Kudus Timika.

Kegiatan ini masuk dalam Program MYP-Proyek Komunitas yang merupakan puncak pengalaman kolaboratif yang diprakarsai dan dirancang oleh siswa, serta dilakukan pada tahun terakhir pendidikan.

MYP-Proyek Komunitas merupakan proses autentik bagi siswa yang mengeksplorasi, mendokumentasikan dan membagi pemahaman mengenai isu atau masalah yang menarik bagi siswa.

Direktur YPJ Kuala Kencana, Mark Jenkins saat membuka kegiatan mengatakan, turnamen persahabatan ini merupakan project bagi siswa kelas IX, dimana project ini diatur oleh siswa sendiri, dari mulai mencari peserta hingga mengatur keperluan turnamen.

“Siswa kelas IX lah yang mengatur jalannya kegiatan ini. Kami pihak sekolah memberikan dukungan dan bimbingan saja,” ujarnya, Sabtu (27/4/2024).

Menurutnya, turnamen ini juga sebagai bentuk pengenalan anak-anak dalam bertanding, dimana kali ini siswa bertanding bukan dengan teman sekolahnya namun dengan teman-teman dari luar sekolah.

“Bertanding dengan teman dari luar sekolah jelas akan memberikan pengalaman yang berbeda dengan bertanding bersama teman sekolah. Dengan pertandingan ini juga siswa dapat belajar untuk mengenal satu sama lain,” ungkapnya.

Sementara Kepala SMP YPJ Kuala Kencana, Nursalim mengungkapkan bahwa dengan adanya turnamen Basketball ini, siswa dapat belajar banyak mulai dari saling menghargai, bekerjasama antar tim, sportivitas dan sebagainya.

“Dengan mengikuti turnamen ini, anak-anak bisa lebih mengenal olahraga basket, anak-anak bisa lebih sehat, tentunya ini bisa menjadi bekal untuk anak-anak apabila ke depan ingin fokus pada olahraga basket,” ujarnya.

Ia menjelaskan, di YPJ Kuala Kencana, siswa telah banyak mendapatkan ilmu pengetahuan dan saat ini siswa mendapatkan pembelajaran dan praktik hidup berolahraga. Dengan memiliki jasmani yang kuat dan sehat maka pastinya siswa bisa belajar dengan baik.

“Kami sudah belajar sudah mendapatkan ilmu pengetahuan, maka saat ini harus diseimbangkan dengan olahraga, karena badan yang sehat bisa memberikan dampak jiwa yang kuat dan baik bagi anak-anak,” jelasnya.

Sebelumnya YPJ Kuala Kencana telah menggundang beberapa SMP di Mimika untuk pembinaan tehnik bermain bola basket dari PERBASI Timika, namun yang dapat memenuhi undangan adalah SMP N 4 Timika, SMP Shining Stars, dan SMP Kalam Kudus Timika.

“Jelas kami mengundang sebagian besar perwakilan SMP, namun kembali lagi kepada sekolah tersebut mungkin waktunya yang kurang tepat, atau mereka ada kesibukan yang lainnya, seperti SMP Santa Maria yang tidak bisa hadir karena ada kedukaan, yang jelas kami mengundang sekolah lain agar bisa sama-sama saling mengenal olahraga basket ini,” ungkapnya.

Untuk diketahui, turnamen Basketball disponsori Departemen Community Affair PT Freeport Indonesia, Indonesia Basketball, Alumni YPJ, Gee Bakes, Waanal Brothers dan Basketball Club Kuala Kencana.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy