SALAM PAPUA (TIMIKA) - Timika akan diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga Agustus mendatang. Forecaster Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Timika, Fitri Nur Dadlilah menyampaikan, bahwa dilihat secara klimatologis, hujan yang terjadi selama Bulan Mei tergolong normal menuju puncak musim hujan, yaitu Juli hingga Agustus.

Pada Bulan Juli dan Agustus intensitas hujannya ringan, tetapi terjadi dalam waktu yang cukup lama yang sebabkan oleh awan stratiform yang merata sehingga sulit ditembus matahari.

Stratiform atau awan lapisan adalah formasi awan yang tidak berkembang secara vertikal, tetapi terbentuk dalam kondisi yang relatif stabil, di mana udara yang terangkat akan dibatasi, dan malah tersebar secara horizontal.

"Sekarang lebih sering hujan dan mendung dengan ciri-ciri awan yang sifatnya merata. Hujan yang saat ini terjadi tergolong normal dari tahun ke tahun dan puncaknya pada Juli dan Agustus," ujar Fitri saat ditemui Salampapua.com, Kamis (30/5/2024).

Disampaikan juga, bahwa untuk angin bertiup sedang dari timur sampai ke tenggara saat pagi dan siang hari, sedangkan saat malam hari angin cenderung dari arah barat ke utara.

"Kondisi angin aman-aman saja, karena memang topografi Timika yang ada daratan juga," katanya.

Penulis: Acik

Editor: Sianturi