SALAM PAPUA (TIMIKA) - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mimika menggelar Sosialisasi Jumat Bersih, Rapi dan Indah (Berapih) terhadap tiga Distrik Kota, Kuala Kencana (KK), Mimika Baru dan Iwaka, yang digelar di Kantor DLH Kabupaten Mimika, Selasa (28/5/2024).

Plt Kepala DLH Kabupaten Mimika, Frans Kambu mengatakan, sosialisasi Jumat Berapih ini nantinya akan menjadi pilot project untuk setiap Jumat yang dilakukan semua Kelurahan hingga RT di tiga Distrik Kota.

“Kami mengundang tiga kepala distrik tersebut, Kepala Kelurahan dan Kampung yang ada di Distrik tersebut, sehingga nantinya meraka memberikan pemahaman kepada setiap RT untuk Jumat Berapih ini bisa dijalankan dengan baik,” ujarnya usai sosialisasi.

Frans menjelaskan, program Jumat Berapih ini merupakan tindak lanjut dari surat edaran Peraturan Daerah (Perda) Nomor 11 Tahun 2012 tentang pengelolahan sampah.

“Karena sebelumnya kami mengedarkan selembaran Perda Nomor 11 Tahun 2012 ini, maka langkah selanjutnya kita kampanyekan program Berapih, sehingga selain warga bisa memahami waktu yang tepat membuang sampah seperti yang tertuang dalam Perda Waktu pembuangan sampah jam 18:00 WIT - 06:00 pagi dan pada TPS yang sudah ditentukan,” jelasnya.

Menurutnya, dengan Jumat Berapih ini dapat memberikan pemahaman kepada warga soal pengelolahan sampah yang benar, seperti Pemilahan sampah organik dan non organik.

“Karena kami sudah siapkan Pusat Daur Ulang (PDU) sampah di SP 2, inilah bagian dari tindak lanjut pengelolahan sampah. Untuk itu kita harus memulainya dari tingkat Distrik, Kampung dan Kelurahan,” ungkapnya.

Program ini hanya dilakukan kepada tiga Distrik Kota saja, namun tidak menutup kemungkinan pihaknya akan melakukan program ini ke Distrik lainnya.

“Karena anggarannya hanya untuk tiga Distrik saja, yang jelas ke depannya kita akan lanjutkan ke Distrik lainnya. Tujuannya agar bisa menimbulkan pemahaman kesadaran dan kepedulian agar bisa berperan aktif dalam proses penanganan sampah,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Kelurahan Sempan Rusminto Hadi mengatakan, jika dirinya sangat mengapresiasi yang sudah dilakukan DLH, dan pihaknya sangat mendukung program tersebut dan akan segera menyosialisasikan kepada setiap RT di wilayahnya.

“Kami berterima kasih kepada DLH yang menginisiasi kegiatan ini karena sangat positif, dan pastinya kami akan mendukung, selanjutnya program akan kita jalankan dengan baik dan rutin,” pungkasnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy