SALAM PAPUA (TIMIKA) - Kapolres Mimika, AKBP I Gede Putra mengatakan pada peringatan hari buruh internasional (May Day) 1 Mei 2024, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, dalam kondisi aman.

"Iya aman, hari ini tidak ada yang melakukan aksi," ungkap  AKBP Putra singkat saat dikonfirmasi salampapua.com melalui sambungan telepon, Rabu (1/5/2024).

AKBP Putra mengungkapkan, berbeda dengan tahun 2023, dimana ratusan buruh dari perwakilan serikat pekerja, serikat buruh, Tongoi Papua dan perwakilan pekerja/buruh non serikat di Kabupaten Mimika menggelar aksi di halaman Kantor Pusat Pemerintahan (Puspem) Mimika, Jalan Poros Kuala Kencana, SP3 Timika.

Sementara warga Jalan C Heatubun Timika, Patrick Lolon yang merupakan mantan karyawan di salah satu perusahaan swasta mengatakan bahwa hari buruh merupakan hari yang harus diperingati meski tidak dengan cara menggelar aksi.

Hari buruh menurutnya sebagai hari untuk mengoreksi kinerja pemerintah agar lebih memperhatikan nasib seluruh pekerja (buruh).

"Hari buruh memang harus diperingati sebagai hari koreksi khusus dari rakyat Indonesia untuk mendorong perhatian pemerintah kepada buruh, tapi sangat bersyukur kita di Timika tidak ada lagi aksi massa di hari ini," ungkapnya.

Penulis: Acik

Editor: Jimmy