SALAM PAPUA (TIMIKA) - Ikatan Kerukunan Keluarga Maluku (IKEMAL) Kabupaten Mimika, Papua Tengah, menggelar peringatan Hari Pahlawan Nasional Kapitan Pattimura ke-207 tahun, yang dilaksanakan di Lapangan Ex Pasar Lama Timika, Rabu (15/5/2024).

Kegiatan yang mengangkat tema ‘Kapitan Pattimura Kantong Pung Moyang Thomas Mattulesi” ini diawali dengan pawai obor yang diiringi tarian Cakalele dari Jalan Elang hingga ke Lapangan Pasar Lama Timika.

Plt Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Mimika, Anace Hombore, dalam sambutan Bupati Mimika mengatakan bahwa Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan jasa pahlawannya, sehingga dengan memperingati HUT Pattimura ini, Kabupaten Mimika turut mengenang semua jasa Pahlawan.

“Mari kita bergandeng tangan menjadi satu keluarga besar. Kita adalah bangsa Indonesia, mari kita satukan tekad untuk kemajuan Kabupaten Mimika,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, spirit perjuangan Pattimura yang tidak tunduk pada kolonial Belanda walau tantangan yang datang silih berganti bermodal Parang dan Salawaku gelora perjuangan yang membara Pattimura dan rekan-rekan perjuangannya terus maju pantang mundur.

“Dengan perjuangan Pahlawan kita pada masa lalu dan membawa kemenangan, maka di masa kini di era revolusi industri ini kita perlu meningkatkan kualitas sumber daya dan penguasaan teknologi serta ilmu pengetahuan khususnya generasi muda. Saya harapkan terus mengembangkan potensi diri dan menghasilkan inovasi sesuai bidang dan talenta masing-masing,” harapnya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, mantan Bupati Puncak Willem Wandik dalam sambutannya mengungkapkan rasa bangganya atas pengangkatan dirinya sebagai anak Adat Maluku.

“Saya bangga dan senang bisa diangkat sebagai anak Adat Maluku. Saya dari dulu sudah terbiasa hidup bersama dengan orang Maluku karena orang Maluku-lah yang telah memajukan Papua khususnya Mimika,” tuturnya.

Menurutnya, pendidikan dan Injil telah dibawa masuk oleh masyarakat Maluku di tanah Papua, dan dengan adanya masyarakat Maluku dapat menjadikan orang Papua sukses seperti saat ini.

“Daerah yang mempunyai masyarakat dari berbagai Suku dapat dikatakan sebagai daerah berkembang. Kita lihat di Mimika ini berbagai macam Suku bahkan masyarakat Maluku juga cukup banyak di Mimika, sehingga Mimika ini akan cepat berkembang,” ungkapnya.

Selain itu, Tokoh Masyarakat Maluku di Mimika, Allo Rafra dalam sambutannya mengatakan bahwa benar adanya orang Maluku yang memajukan Papua dalam segi pendidikan dan keagamaan.

“Oleh karena itu, orang Maluku harus maju di semua bidang dan jangan ketinggalan. Saya berharap dengan perayaan HUT ini kita semua bisa terus bergandeng tangan bersama-sama,” ujarnya.

Sedangkan Ketua IKEMAL Kabupaten Mimika, Max Samaran mengatakan, dalam momentum HUT Pattimura ini diharapkan semua masyarakat Maluku di Mimika sebagai anak Maluku harus merajut hubungan “Pela Gandong”, jangan sampai rusak hanya karena kepentingan sesaat.

“Mari kita semua bergandeng tangan membangun satu keutuhan di tanah Papua terlebih di Kabupaten Mimika,” tegasnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy