SALAM PAPUA (TIMIKA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mimika berharap Panitia Pemungutan Suara (PPS) dapat melakukan koordinasi dengan semua ketua-ketua Rukun Tetangga (RT) di setiap wilayahnya di Kabupaten Mimika.

Koordiv Data dan Informasi KPU Mimika, Budiono menjelaskan, di hari ke-3 rapat koordinasi dengan PPS dan semua Ketua RT di wilayah Kota Timika yang membahas terkait persiapan pemutahiran daftar pemilih untuk Pilkada 2024, ditemukan titik permasalahan yang sama yaitu kurangnya sosialisasi tentang kewenangan serta kewajiban PPS dan Tupoksi masing-masing.

“Jadi yang kami temukan dalam tiga hari pertemuan ini masalahnya sama, RT merasa bahwa TPS merupakan wilayahnya, PPS merasa pencoblosan adalah wewenang mereka, maka pada saat Pemilu lalu ditemukan banyak RT-RT yang beradu argumentasi di lapangan,” ujar Budi usai rapat koordinasi di Hotel Horison Diana Timika, Rabu (29/5/2024).

Dari permasalahan yang ditemukan tersebut, Budi mengungkapkan bahwa pihaknya meminta kepada semua PSS untuk terus melakukan koordinasi dengan semua Ketua RT di wilayah kerjanya masing-masing, sehingga ke depannya tidak ada timbul permasalahan.

“Jadi kami selalu sarankan kepada PPS untuk bangun komunikasi yang baik, sehingga tidak ada lagi kesalapahaman di lapangan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, saat ini pihaknya sedang melakukan persiapan sosialisasi pada semua tahapan Pilkada 2024.

“Saya lagi berusaha untuk semua tahapan Pilkada 2024 ini kita (KPU) sosialisasikan kepada masyarakat, termasuk juga terkait penempatan TPS sampai dengan pencoblosan,” tutupnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy