SALAM PAPUA (TIMIKA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mimika terus melakukan persiapan dalam tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Mimika tahun 2024, dan saat ini KPU Mimika lakukan tes wawancara bagi Calon PPD.

Kordiv SDM KPU Mimika, Delince Somou menjelaskan, tahapan wawancara dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama dilakukan, hari ini 12 Mei 2024, sesi kedua dilakukan besok 13 Mei 2024. Di mana sesi pertama tes wawancara untuk Distrik Mimika Baru (Miru), Wania, Kuala Kencana (KK) dan Mimika Barat, hari berikut untuk distrik lainnya.

“Hari ini kita lakukan tes wawancara dari pukul 13:00 WIT sampai dengan nanti di pukul 19:00 WIT. Untuk sesi pertama, ada sekitar 100 calon PPD yang mengikuti tes ini dari 240 calon,” ujarnya saat ditemui di tempat tes wawancara di salah satu hotel di Budi Utomo Timika, Minggu (12/5/2024).

Ia menjelaskan, untuk tes wawancara ini dilakukan langsung oleh kelima komisioner, sehingga apa yang menjadi kendala di Pemilu lalu, dapat langsung dilihat oleh para komisioner.

“Belajar dari Pemilu kemarin, yang kita tanyakan undang-undang terkait Pilkada, kemudian pengalamannya. Yang jelas kita ambil PPD yang benar-benar dapat menjalankan Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi)nya,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, untuk hasil tes wawancara diumumkan pada 15 Mei 2024, dan langsung dilantik pada 16 Mei 2024.

“Setelah hasil kami umumkan, besoknya langsung kami lantik, karena selanjutnya kita fokus ke PPS. Karena hari ini tahapan pemberkasan untuk PPS telah ditutup,” ungkapnya.

Penulis: Evita

Editor: Sianturi