SALAM PAPUA (TIMIKA) - Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Aika menggelar musyawarah badan pengurus periode 2024-2028 yang dilaksanakan di Kampung Atuka, Distrik Mimika Tengah, Kabupaten Mimika, Rabu (29/5/2024).

Ketua Badan Forum Pemilihan Pengurus LMA Aika, Wilson Maikel Akoha mengungkapkan bahwa musyawarah ini terlaksana atas inisiatif masyarakat adat yang diketuai Kepala Kampung Tipuka dan Kepala Kampung Ayuka.

LMA Aika dibentuk agar dapat menampung aspirasi masyarakat adat suku Aika, yang mana suku Aika sama dengan suku Tepawe di bawah naungan Lembaga Masyarakat Adat Kamoro (Lemasko) dengan Mimika Wee sebagai payung besarnya.

Dalam musyawarah Badan Pengurus ini disepakati empat poin sebagai berikut:

  1. LMA Aika sebagai representatif kultur masyarakat adat Aika (masyarakat adat kampung Tipuka- Ayuka).
  2. LMA Aika hadir untuk menjawab tantangan masyarakat adat Aika.
  3. LMA Aika hadir sebagai mitra pemerintah dan pihak swasta yg berada dalam wilayah adat aika dalam memberikan kepastian hukum adat.
  4. LMA Aika sebagai wadah a masyarakat adat berpartisipasi dalam pembangunan tidak hanya menjadi objek namun subjek dlm pembangunan humanis berbasis keadilan.

"Itu empat poin penting yang disepakati dengan dibentuknya LMA ini. Itu berarti masyarakat tidak hanya menjadi objek dari satu pembangunan, tapi bagaimana menjadi subjek berbasis humanis bahwa harus sama-sama berdiri dan semuanya sama rata," ujar Wilson kepada salampapua.com, Kamis (30/5/2024).

Wilson menyebutkan bahwa dirinya dipilih sebagai Ketua Panitia Pembentukan. Dalam musyawarah itu dilakukan pemilihan badan pengurus dan selanjutnya beberapa waktu ke depan akan dilakukan pelantikan secara adat dengan mengundang pihak Pemkab Mimika, pihak swasta dan mitra lainnya.

"LMA Aika ini juga hadir untuk membantu pemerintah dalam menata carut marutnya permasalahan tanah atau wilayah adat. Bantu dalam hal ini, LMA Aika bisa memberikan kepastian hukum bagi pemerintah dan masyarakat," ujarnya.

Adapun susunan pengurus LMA Aika periode 2024-2028:

Badan Pembina

Kepala Suku Kampung Atuka Yanuarius Papita

Kepala Suku Kampung Atuka Falentinus Nimaipo

Badan Pelindung

Taparu Kampung Tipuka Edowardus Muka

Taparu Kampung Ayuka Pilipus Tianaipa.

Badan Pengurus

Ketua: Yosep Akoha

Sekretaris: Robert Muka dan David Muka

Bendahara: Lukas Taote dan Emilius Papita

Wakil Ketua Bidang Hukum dan HAM: Stefanus Nimaipo dan Martinus Mitapo

Wakil Ketua Bidang Demokrasi dan Pemerintah: Moses Manareke

Wakil Ketua Bidang Lingkungan Hidup dan Sosial: Krispianus Emareyawau dan Yohanis Mirapuru

Wakil Ketua Bidang Budaya dan Adat: Urbanus Tepata dan Otto Taote

Wakil Ketua Bidang Ekonomi dan Pendidikan: Yohanis Urmami

Penulis: Acik

Editor: Jimmy