SALAM PAPUA (TIMIKA) - Setelah dinyatakan lulus tes administrasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mimika, selanjutnya 762 calon Panitia Pemilihan Distrik (PPD) lanjut ke tes Computer Assisted Test (CAT).

Koordinator Divisi (Koodiv) Teknis KPU Mimika, Fransiskus Xaverius Ama Bebe Bahy mengatakan, pada tahapan Administrasi terdapat 945 calon, namun yang dinyatakan lolos untuk mengikuti tes selanjutnya yaitu 762 calon.

“Jadi yang masuk tahapan selanjutnya 762, dan hari ini mereka mulai mengikuti tes CAT. Dalam tes CAT ini kita bagi dalam tiga tahap, untuk hari pertama atau tahap pertama ini ada 251 calon,” ujarnya saat ditemui di tempat pelaksanaan tes CAT, Senin (6/5/2024).

Ia menjelaskan, dalam tes CAT, calon langsung menerima hasil nilainya sehingga usai mengerjakan tes CAT, calon dapat mengetahui apakah dapat melanjutkan tes selanjutnya.

“Usai mereka (Calon PPD) mengerjakan soal CAT, nilainya langsung keluar, jadi mereka langsung lihat apakah mereka lanjut tahap selanjutnya atau gugur di CAT. Sehingga kami KPU tidak punya kewenangan, ini murni sesuai kemampuan mereka, dari tes CAT yang diambil nilai tertinggi 15 besar dari setiap distrik,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, usai tes CAT, 15 calon PPD dari setiap distrik akan mengikuti tahap akhir yaitu tes wawancara.  Dari tes wawancara, yang akan diterima hanya 10 calon dari setiap distrik.

“Tahap akhir nanti kita ambil 180 orang saja. Jadi setiap distrik kita ambil 10 orang untuk 18 distrik di Kabupaten Mimika, itu pun 5 jadi cadangan,” tutupnya.

Penulis: Evita

Editor: Sianturi