SALAM PAPUA (TIMIKA) - Kesadaran berlalulintas warga Kota Timika masih terus harus ditingkatkan. Meski Satuan Lalulintas Kepolisian Polres Mimika terus mengingatkan pentingnya tertib berlalulintas, namun kesadaran itu masih sangat rendah.

Salah satu kebiasaan buruk warga adalah, menaiki kendaraan khususnya sepeda motor sampai lima orang. Pengendara membawa penumpang sampai 4 orang, yang tersusun mulai dari depan hingga ke belakang.

Belum lagi pengendara dan penumpang sama sekali tidak mengenakan helm.

Terkait hal itu, Kapolres Mimika AKBP I Gede Putra, SIK SH MH melalui Kasatlantas Polres Mimika, AKP Darwis mengatakan, pihaknya terus mengingatkan dengan berbagai cara, agar warga patuh berlalulintas.

Kata Kasatlantas, dalam upaya mewujudkan keamanan dan keselamatan tertib berlalu lintas, pihaknya selalu imbau kepada masyarakat pengguna jalan, untuk selalu patuh dan taat terhadap aturan lalu lintas guna menekan pelanggaran dan angka kecelakan berlalu lintas.

Menurut Kasatlantas, imbauan dan sosialisasi/penyuluhan keliling dilaksanakan di tempat keramaian dan persimpangan jalan dengan menyampaikan, akan pentingnya tertib berlalu lintas dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas.

"Gunakan helm dan melengkapi dokumen kendaraan demi terciptanya keamanan, ketertiban dan keselamatan dalam berlalu lintas," ujarnya.

Sementara itu, dari pantauan Salampapua.com, masih banyak warga yang ketika mengendarai sepeda motor tidak mengenakan helm standar dan yang lebih berbahaya lagi, berani menerobos traffick light atau lampu lalulintas.

Ada juga yang membawa sekeluarga sampai motor penuh, dan mengabaikan keselamatan karena sama sekali tidak mengenakan helm.

"Intinya kami tidak henti-hentinya melaksanakan sosialisasi, peneguran maupun penindakan tapi banyak yang tidak mau mendengar. Semua kembali tergantung kepada orangnya," imbuh Kasatlantas.

Penulis/Editor: Sianturi