SALAM PAPUA (TIMIKA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Tengah mulai melakukan seleksi perekrutan Pasukan Pengibaran Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Provinsi dan Nasional, yang mana latihan persiapan untuk upacara bendera Hari Ulang Tahun Ke-79 Republik Indonesia yang akan dimulai bulan Juni mendatang.

Sebanyak 163 orang pelajar tingkat SMA/SMK dari 8 Kabupaten Se-Provinsi Papua Tengah mengikuti seleksi sebagai calon anggota Paskibraka. Seleksi akan dilakukan Kesbangpol bekerja sama dengan Pengurus Purna Paskibraka Indonesia (PPI) dan TNI-Polri.

Kepala Kesbangpol Provinsi Papua Tengah, Thepilus Lukas Ayomi mengatakan tahap rekrutmen dan seleksi Paskibraka kali ini dilaksanakan mengedepankan transparansi. Seluruh peserta nantinya akan mengukuti seleksi mulai dari administrasi, tinggi badan, kesehatan dan pemeriksaan lainnya.

"Pendaftaran kami lakukan secara online melalui paskibraka.bpip.go.id, hari ini secara resmi pula kami gelar acara pembukaan dan selanjutnya para peserta akan mengikuri proses seleksi," ungkap Lukas usai acara pembukaan seleksi di SMK Negeri 1 Nabire, Selasa (14/5/2024).

Lukas menjelaskan kurang lebih 42 orang Putra-Putri terbaik di Provinsi Papua Tengah akan direkrut menjadi pasukan Paskibraka di tingkat Provinsi dan 4 orang akan mengikuti seleksi di tingkat nasional.

"Ibu Pj Gubernur berpesan kepada kami tidak boleh ada proses perekrutan atas dasar keluarga, kenalan dan titipan. Dan kami berharap agar para peserta benar-benar mempersiapkan diri selama proses perekrutan. Kita juga targetkan agar 4 orang yang dikirim ke nasional bisa lolos seleksi dan masuk ke dalam tim Paskibraka tingkat nasional," jelasnya.

Editor: Jimmy