SALAM PAPUA (TIMIKA) - Target penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tahun 2024 di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah senilai  Rp 149.828.396.147.

Kepala Bagian Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Mimika, Hendrik Setitit saat ditemui Salampapua.com menyebutkan, bahwa target tersebut dipungut dari 39 ribu  lebih wajib pajak (WP). Yang paling besar diperoleh dari PT Freeport Indonesia (PTFI), yaitu sekitar  Rp 133 miliar lebih, sedangkan PPB terbanyak lainnya ialah dari hotel-hotel disusul pelaku usaha lainnya.

"Target tahun ini Rp 149 miliar lebih, yang paling banyak dari PT Freeport Indonesia," ungkap Hendrik, Jumat (17/5/2024).

Target penerimaan PBB tahun 2024 katanya, jauh lebih tinggi dari tahun 2023 yang hanya Rp 60 miliar lebih. Hal ini dikarenakan APBD Mimika 2024 juga fantastis. Jatuh tempo pembayaran pajak tersebut pada akhir Agustus sehingga saat ini belum dikalkulasi realisasinya.

"Sampai hari ini kami belum melakukan penagihan, karena Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) baru saja dibagi. Nanti dekat Agustus akan full WP yang lakukan pembayaran,"  katanya.

Penulis : Acik

Editor: Sianturi