SALAM PAPUA (TIMIKA) - Koordinator Divisi Hukum Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mimika, Hironimus Kia Ruma menjelaskan, mulai besok petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih), akan melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) kepada setiap rumah penduduk di masing-masing daerah.

Namun coklit ini dilakukan oleh petugas Pantarlih yang telah mengikuti Bimtek, sehingga besok hanya petugas Pantarlih wilayah Distrik Miru yang akan melakukan coklit, selanjutnya akan disusul oleh Pantarlih lainnya.

“Karena wilayah Miru yang telah mengikuti Bimtek maka kita lakukan coklit pada wilayah Miru. Untuk wilayah lainnya akan disusul setelah mereka mendapatkan Bimtek, karena Bimtek ini penting untuk mengetahui penggunaan aplikasi,” ujarnya usai memberikan materi Bimtek pada Pantarlih Miru di Hotel Horison Diana, Rabu (26/6/2024).

Ia menjelaskan, jadwal untuk besok Komisioner KPU akan jalan bersama Pantarlih Miru, untuk melakukan coklit perdana dan sekaligus pengambilan dokumentasi di Rumah Bupati Mimika di Pasar Sentral.

Selain rumah bupati, KPU juga akan mengunjungi rumah Direktur YPMAK, Vebian Magal, dan Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Ignatius Adii untuk melakukan coklit.

“Untuk coklit data pemilih ini akan berlangsung selama satu bulan, kemungkinan tanggal 24 Juli 2024 pencoklitan selesai atau kami tutup,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, untuk jadwal tahapan berikutnya pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, yaitu tahapan pengumuman pendaftaran jalur Partai Politik pada tanggal 24-26 Juli 2024, kemudian dilanjutkan pada 27-29 Juli 2024 pendaftaran calon-calon Bupati.

“Sampai saat ini di tahapan pemuktahiran data, kami KPU tidak menemukan kendala-kendala. Karena apa, karena kami menjalankan tahapan Pilkada sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan KPU Pusat,” ungkapnya.

Hiro berharap, tahapan yang sementara berjalan dan yang akan berjalan, semuanya dapat terealisasi dengan baik, sehingga ke depan siapapun yang terpilih, sebagai pemimpin, sesuai dengan pilihan rakyat.

Penulis: Evita

Editor: Sianturi