SALAM PAPUA (TIMIKA) – Guna menyikapi pembangunan Lapangan Terbang (Lapter) di Distrik Hoeya, Kabupaten Mimika, Tokoh Masyarakat dan Pemuda di Distrik Hoeya memberikan pernyataan sikap sebagai berikut.

Sehubungan dengan issue yang beredar di media sosial dan juga di kalangan masyarakat berkaitan dengan pembangunan lapter tersebut maka, Tokoh Masyarakat yang juga selaku Dewan Pengurus Kecamatan, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Distrik Hoeya dapat menyatakan sikap sebagai berikut:

Ketua DPC KNPI Distrik Hoya, Meanus Egatmang yang juga mewakili semua Tokoh di Distrik Hoeya, menyatakan dukungan penuh PT Lestrari ASI Sejahtera yang sedang melakukan pekerjaan kontruksi senilai Rp 30 miliar untuk Pembangunan Lapter Hoeya tahun anggaran 2024.

“Kami Pengurus DPC KNPI Distrik Hoeya mendukung penuh tim pengawas lokal yang sedang mengawasi pembangunan Lapter Hoeya,” ujarnya saat menemui Salampapua.com, Jumat (28/6/2024).

Ia juga mengungkapkan, Pengurus DPC KNPI Distrik Hoeya siap menjadi agen penyalur aspirasi/media untuk mengawasi setiap pembangunan di Distrik Hoeya termasuk Pembangunan Lapangan Terbang Hoeya.

“Untuk statement Anggota DPRD yang mengatakan bahwa Pemkab Mimika tiap tahun memberikan anggaran pembangunan Lapter ini sangat salah, karena sepengetahuan kami, pada tahun 2018 sudah berhenti dan kembali diberikan anggaran pembangunan Lapter Hoeya di tahun 2024,” ungkapnya.

Ia juga meminta kepada Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Mimika jika kontraktor yang sedang bekerja belum menyelesaikan pembangunan Lapter Hoeya, maka masyarakat berharap mengajukan dalam anggaran perubahan untuk dilanjutkan hingga tuntas.

“Kami Pengurus DPC KNPI Distrik Hoeya mengimbau kepada semua kalangan untuk tidak terprovokasi dengan membangun isu yang tidak bertanggungjawab, untuk menghalangi pembangunan lapangan terbang Hoya,” pungkasnya.

Penulis: Evita

Editor: Sianturi