SALAM PAPUA (TIMIKA) - Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Mimika, Robert Mayaut mengungkapkan bahwa pihaknya telah melakukan pembersihan sumbatan di kali Piuga yang menyebabkan banjir di wilayah SP5 dan Kampung Iwaka, Selasa (11/6/2024).

Disampaikan, pembersihan sumbatan itu merupakan langkah awal dan secepatnya akan dilakukan normalisasi sesuai titik yang telah diidentifikasi oleh tim Bidang Sumber Daya Air (SDA) PUPR.

"Sebagai penanganan awal tim sudah membersihkan di bagian -bagian yang kemungkinan tersumbat, tapi tahun ini juga akan dilakukan normalisasi," ucap Robert saat ditemui usai menghadiri Rapat Paripurna DPRD Mimika Tentang Pengumuman Pengusulan Plt. Bupati menjadi Menjadi Bupati Mimika Definitif Sisa Masa Jabatan 2019-2024 di DPRD Mimika.

Mengingat sungai Piuga berkelok-kelok, maka rencana jangka panjangnya akan dibangun sodetan untuk membagi aliran air.

"Jangka panjangnya nanti akan dibangun sodetan, karena alur kali itu berkelok-kelok," ujarnya.

Diakuinya bahwa curah hujan selama ini cukup tinggi sehingga debit air bertambah. Selain debit air yang bertambah, adanya penutupan kali-kali kecil yang pernah dilakukan juga menjadi penyebab debit air di kali Piuga makin bertambah.

"Untuk normalisasi juga bukan hanya di titik tertentu saja, tapi harus dilakukan dari hulu ke hilir, makanya penanganan jangka panjangnya adalah dibangun sodetan," katanya.

Penulis: Acik

Editor: Jimmy