SALAM PAPUA (TIMIKA) – Sempat mencapai harga hingga Rp 150 ribu perkilo, kini harga cabai sudah turun Rp 100 ribu. Menurut salah satu pedagang di Pasar Sentral Timika, Sahrul mengatakan, saat ini harga cabai kecil telah turun paska perayaan Hari Raya Idul Adha Rp 100 ribu/kg yang sebelumnya harga mencapai Rp 130-150 ribu/kg.

“Sekarang cabai sudah turun, Rp 100 ribu. Sebelumnya saat menjelang Idul Adha sampai Rp 130-150 kg,” ujarnya kepada Salampapua.com, Senin (24/6/2024).

Untuk harga tomat Rp 40 ribu/kg, sedangkan untuk bawang merah dan bawang putih dihargai Rp 60 ribu/kg yang sebelumnya Rp 80 ribu/kg, sedangkan cabai besar masih stabil di harga Rp 100 ribu/kg.

“Untuk tomat harganya tidak berubah, dari Lebaran sampai hari ini tetap diharga Rp 40 ribu/kg. Bawang merah dan bawang putih turun harganya, sedangkan cabai besar stabil di harga Rp 100 ribu/kg,” ungkapnya.

Sama halnya dengan Sahrul, pedagang lainnya, Ida juga menyebutkan bahwa harga cabai di Timika sudah mulai menurun paska Idul Adha, dan menurutnya selama transportasi kapal air lancar, maka stok cabai di Timika aman.

“Sebenarnya kalau harga cabai memang tidak menentu, namun yang jelas stoknya aman. Kalau stoknya kosong ini yang kami khawatirkan, karena kalau kosong petani Timika akan jual cabai sangat tinggi,” ucapnya.

Ia menambah, untuk saat ini yang dikhawatirkan pedagang, kosongnya stok sayuran, dikarenakan cuaca yang kurang menentu. Ia menjelaskan, sayuran seperti sawi putih, kol, kentang, wortel dan daun bawang merupakan produk kiriman dari Jayapura dan Wamena.

“Sekarang ini yang kosong itu sayuran. Katanya petani susah menanam karena cuaca, ada juga yang masih pulang kampung dan memang kalau untuk beberapa sayur kita dapat kiriman dari Jayapura dan Wamena,” pungkasnya.

Penulis: Evita

Editor: Sianturi