SALAM PAPUA (TIMIKA) - Tanpa adanya kepedulian dari pihak keluarga, banyak Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Timika kembali berkeliaran di jalan.

Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Mimika, Petrus Yumte mengatakan bahwa tahun 2023 pihaknya telah mengirim 6 ODGJ ke rumah sakit jiwa di Abepura, Jayapura. Setelah menjalani perawatan, enam ODGJ tersebut dinyatakan telah pulih dan dikembalikan ke Timika, namun karena tidak ada dukungan dari keluarga masing-masing, maka saat ini ada yang kembali lagi berkeliaran di jalan.

"Kami sudah bawah ke RS Jiwa dan sudah pulang karena dinyatakan sembuh, tapi kemudian tidak ada tanggung dari pihak keluarganya," tutur Petrus, Senin (10/6/2024).

Adapun salah satu ODGJ di antaranya telah dipulangkan ke kampung halamannya di Merauke, tapi karena tidak diawasi keluarganya, maka ODGJ tersebut juga telah kembali ke Timika dengan menumpang kapal.

"Ada satu yang sudah dua kali kami antar ke Merauke tapi tiba-tiba muncul lagi di Timika," katanya.

Iapun berharap adanya kepedulian dari keluarga ODGJ dalam mendukung upaya pemerintah. ODGJ juga harus diperhatikan sehingga tidak berkeliaran dan mengganggu kenyamanan masyarakat.

"Percuma saja kami bantu obati tapi keluarganya tidak peduli," tutupnya.

Penulis: Acik

Editor: Jimmy