SALAM PAPUA (TIMIKA) - Panitia Seleksi (Pansel) Pemilihan Pengurus Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) periode 2024-2029 telah mengumumkan 12 nama kandidat calon pengurus YPMAK, yang selanjutnya akan melakukan tes wawancara dan menyampaikan visi-misi mereka kepada Pembina YPMAK.

Juru bicara Pansel Pemilihan Pengurus YPMAK perwakilan dari Pemkab Mimika, Anace Hombore mengatakan, hasil dari 12 kandidat yang Pansel tetapkan murni hasil tertinggi untuk setiap jabatan, dan tidak ada intervensi dari pihak manapun.

“Hasil tersebut telah Pansel tetapkan sesuai dengan nilai yang didapatkan kandidat, selanjutnya 12 nama kandidat ini akan kami berikan kepada Pembina YPMAK,” ujarnya saat melakukan Konferensi Pers di MPCC, Jumat (26/7/2024).

Anace menjelaskan, sebelum Pembina YPMAK melakukan tes kepada 12 kandidat, Pansel akan melakukan verifikasi berkas atau keaslian dokumen 12 kandidat yang lolos tersebut.

“Jadi 12 besar ini kami periksa lagi dokumennya seperti ijazah dan lainnya. Pansel ini bukan hanya melihat kelengkapan dokumennya tapi juga keaslian dokumen tersebut,” ungkapnya.

Apabila berkas dinyatakan lengkap dan asli maka di tanggal 29-30 Juli 2024 12 kandidat akan mendapatkan penjelasan terkait tes selanjutnya bersama Pembina YPMAK.

“Jadi karena nanti mereka akan memaparkan visi-misi mereka, maka sebelumnya kandidat harus mendapatkan penjelasan mengenai tes berikutnya. Kemungkinan tes wawancara bersama Pembina dilakukan tanggal 2-3 Agustus 2024, dan kami Pansel akan hadir untuk menyaksikan tes tersebut,” tuturnya.

Ia menambahkan, apabila kandidat memiliki pekerjaan di luar, sesuai aturan dan kriteria yang sudah ditetapkan, apabila kandidat terpilih sebagai pengurus maka kandidat wajib mengundurkan diri dari tugas pekerjaan yang sebelumnya, namun apabila kandidat tidak bersedia maka dinyatakan gugur dari seleksi.

“12 nama yang kami tentukan itu sudah sesuai dengan hasil yang mereka capai, dan yang belum masuk bukan berarti MCUnya tidak sehat tetapi ada yang MCUnya sehat namun tes assesmentnya yang rendah, ada juga yang sebaliknya,” pungkasnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy