SALAM PAPUA (TIMIKA) - Sebanyak 28 calon pengurus Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) mengikuti tes atau assessment (kompetensi dan wawancara), yang dilaksanakan selama 2 hari, 15-16 Juli 2024, di gedung MPCC Timika, Kabupaten Mimika, Papua Tengah.

Juru bicara Pansel Pemilihan Pengurus YPMAK perwakilan dari Pemkab Mimika, Anace Hombore mengatakan, dari hasil tes potensi, yang lolos hanya 28 orang, sehingga pada hari ini dilanjutkan dengan assessment.

Dalam assessment ini, peserta diuji dari sisi profesionalime dalam dapat menjalankan tugas-tugas sebagai pengurus.

“Dalam tes ini Konsultan dari PT ARA Indonesia telah menyiapkan tenaga-tenaga ahli untuk melakukan assessment terkait integritas atau kemampuan memimpin yayasan, etika dan lain-lain,” ujar Anace kepada salampapua.com, Senin (15/7/2024).

Dalam tes ini peserta juga diminta untuk membuat studi kasus yang menggambarkan peserta saat memimpin dan menghadapi banyak persoalan dan harus diselesaikan menurut cara peserta.

“Jadi saat tes Potensi dilihat bagaimana kemampuannya, saat ini karakternya yang dinilai, di dalam keseharian mereka saat menjalankan tugas sebagai pengurus di dalam Yayasan,” tuturnya.

Ia mengungkapkan, usai melakukan assessment, peserta yang lolos akan melakukan seleksi kesehatan, dimana yang dilakukan lebih cenderung kepada tes kesehatan seorang pekerja.

“Awalnya kami rencanakan tes kesehatan di RS milik PTFI di Kuala Kencana, tetapi kami batalkan. Kami Pansel bersama Pembina sepakat melakukan tes di RSMM,” tutupnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy