SALAM PAPUA (TIMIKA) - Kepala Bagian Sumber Daya Manusia (SDM) Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Mimika, Marthinus J Nuboba mengungkapkan kurang lebih 700 penerima bantuan beasiswa dari Pemerintah Kabupaten Mimika akan dievaluasi, yang mana datanya akan disinkronisasi dengan penerima beasiswa Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK).

“Saya belum bisa berbicara lebih karena kami harus duduk bersama lagi dengan Dinas Pendidikan (Disdik) dan juga YPMAK,” ujar Marthinus usai apel pagi di kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika, Senin (15/8/2024).

Menurut dia, perlu dilakukan sinkronisasi sebab tahun 2024 ini Pemkab Mimika melalui Disdik juga akan memberikan beasiswa bagi mahasiswa Orang Asli Papua (OAP) menggunakan dana Otsus. Ini agar tidak terjadi pendobelan penerima beasiswa.

“Dari kami itu 700 sudah dengan mahasiswa yang kuliah di luar negeri dan juga yang kuliah di Indonesia. Untuk tahun 2023 Pemkab Mimika memberikan beasiswa sebesar Rp 8 juta, tahun ini belum bisa saya katakan besarnya berapa karena kita butuh data sinkronisasinya dulu,” tegasnya.

Ia mengungkapkan, bantuan beasiswa yang akan diberikan ini berasal dari anggaran dana bagi hasil, dan jumlah pemberian bantuan beasiswa di tahun 2024 ini diperkirakan akan berkurang.

“Karena banyak yang sudah lulus, kemungkinan pemberian bantuan ini akan berkurang,” pungkasnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy