SALAM PAPUA (TIMIKA) - Ikut berperan mendorong kemajuan dalam bidang pendidikan, melalui kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR), PT Freeport Indonesia (PTFI) gelar Program Orbit Guru Merdeka-Microsoft Certified Educator bagi guru TK, SD, SMP, SMA dan SMK di Kabupaten Mimika, Papua Tengah.

Kegiatan yang diikuti oleh 250 guru TK, SD, SMP SMA dan SMK ini menghadirkan PT Orbit Ventura Indonesia, dan dibuka secara resmi oleh Pemkab Mimika melalui Staf Ahli, Inosensius Yoga Pribadi didampingiSenior Vice President (SVP) Sustainable Development PTFI, Nathan Kum, serta Chief of Programs & Operations Orbit Future Academy, Ravi K Menon di Hotel Horison Diana, Kamis (11/7/2024).

Senior Vice President (SVP) Sustainable Development PTFI, Nathan Kum mengatakan, PTFI berkomitmen untuk terus berkolaborasi bersama Pemkab Mimika dalam bidang Pendidikan, Kesehatan, Pertanian, Ekonomi dan bidang lainnya.

Kegiatan CSR Orbit Guru Merdeka-Microsoft Certified Educator adalah kolaborasi antar PTFI dan Dinas Pendidikan Mimika, sebagai salah satu komitmen dalam pelayanan pendidikan demi masa depan generasi Papua.

Kegiatan ini juga bagian dari misi PTFI untuk terus mendukung Pemkab Mimika, dalam mengelola mengemban sumber daya manusia (SDM) dalam bidang pendidikan, terutama bagi masyarakat yang ada di sekitar wilayah operasional PTFI.

"Sampai saat ini, PTFI terus berkomitmen untuk bersama -sama dengan Pemkab untuk membangun Mimika di semua bidang. Begitupun hari ini kegiatan CSR ini, PTFI bersama Dinas Pendidikan dan PT Orbit Ventura Indonesia," kata Nathan.

Menurut Nathan, berbicara soal kemajuan pendidikan tentunya harus ada komitmen bersama dari guru-guru, pemerintah dan mitra lainnya termasuk PTFI.

Program pelatihan bagi guru -guru ini bertujuan agar menjadi tenaga pendidik yang profesional, bersertifikasi, sehingga akan lebih siap meningkatkan kemampuan dalam mengimplementasikan kurikulum Merdeka.

Nathan juga sampaikan, bahwa guru-guru di Mimika merupakan guru yang luar biasa, karena mampu mengabdi pada wilayah yang tergolong sulit terjangkau, seperti di pegunungan dan pesisir.

"Mari kita tetap kerja sama dalam semua bidang. Memang banyak masalah yang kita hadapi, khusunya di wilayah pegunungan dan pesisir, tapi kalau kita kolaborasi, maka semua hal pasti bisa berjalan," katanya.

Hal yang sama juga disampaikan Staf Ahli Setda Pemkab Mimika, Inosensius Yoga Pribadi. Dijelaskan bahwa program orbit Guru Merdeka-Microsoft Certified Educator ini, merupakan tindak lanjut dari perjanjian kerja sama antar Dinas Pendidikan Mimika dan PTFI.

"Program CSR ini merupakan tanggungjawab sosial dan moral dari PTFI yang sangat luar biasa, dan kami sangat mengapresiasi itu," kata Inosensius.

Pemkab Mimika juga berkomitmen dalam mendukung peningkatan kapasitas dan kapabilitas SDM, baik sebagai aparatur ataupun sebagai masyarakat. Komitmen dimulai dengan peletakan pondasi keilmuan bagi para tenaga pendidik agar menjadi tenaga pendidik yang profesional dan inovatif, sehingga bisa menghasilkan peserta didik yang berkualitas.

Saat ini tantangan di dunia pendidikan akan semakin kompleks, terutama dengan semakin terbukanya para peserta didik mengakses internet. Karena itu, diharapkan seluruh tenaga pengajar diharapkan dapat memfasilitasinya dan menerima pengalaman belajar dan mengajar yang tidak hanya lebih dinamis, interaktif dan menyenangkan, tapi juga transformatif.

"Semoga semua guru yang hari ini ikut pelatihan bisa fokus dan memahami, sehingga bisa diterapkan di sekolah masing-masing," tutupnya

Sementara itu, Chief of Programs & Operations Orbit Future Academy, Ravi K Menon menuturkan bahwa Kurikulum Merdeka sudah dimulai, dan para guru juga telah tahu dan memahami bagaimana melaksanakan kurikulum itu. Namun, nyatanya saat ini belum semua guru yang paham, bahkan tidak tahu bagaimana mengajar dalam kurikulum ini.

Karena itu, Ravi mengatakan sangat bersyukur dan mengapresiasi kepada PTFI yang ikut berpartisipasi dalam mendukung program dari Kemendikbud Ristek, untuk menyiapkan para guru untuk mengajar kurikulum Merdeka dari Orbit Guru Merdeka.

"Kami sangat terima kasih kepada PTFI yang mendukung program dari Kemendikbud Ristek ini," kata Ravi.

Dijelaskan, bahwa Orbit Guru Merdeka adalah wadah untuk para guru yang ingin mendapatkan ilmu dasar, khususnya ilmu mengajar menggunakan teknologi Microsoft Certified Educator (MCE).

"Melalui program ini, setiap guru bukan hanya dapat ilmu, tapi juga dapat sertifikat internasional yang diakui oleh Kementerian untuk mengajar kurikulum Merdeka," jelasnya.

Penulis: Acik

Editor: Sianturi