SALAM PAPUA (TIMIKA)- Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Horas Bangso Batak (DPP HBB), Lamsiang Sitompul, SH MH akhirnya melantik Saul Siburian, SE sebagai Ketua Dewan Pengurus Daerah Horas Bangso Batak (DPD HBB) Provinsi Papua Tengah dan jajarannya di Hotel Horison Diana, Jumat (12/07/2024).

Selain dihadiri DPP HBB, pelantikan dihadiri Bupati Mimika, Johannes Rettob, Sos MM diwakili Staf Ahli Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan Setda Mimika, Yakobus Karet, SPd MSi dan perwakilan Forkopimda. Juga Ketua KMB Mimika, Lantas Hutabarat dan jajarannya, para perwakilan kerukunan, Hamba Tuhan da segenap kader. Jajaran engurus Pusat HBB lan yang datang seperti Sekretaris Umum, Parluhutan Situmorang, SH dan Bendahara Umum, Nurlinda Simanjorang, SH MKn.

Pelantikan Pengurus Dewan Pengurus Daerah HBB Papua Tengah Periode 2023-2028 diawali dengan penyambutan jajaran DPP HBB dan para tokoh dengan Tarian Yospan.

Pdt Abraham Manurung didaulat memimpin doa pembukaan dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Mengheningkan Cipta. Juga menyanyikan Lagu O Tanah Papua dan Mars HBB Ciptaan Elco Marbun.

Sekum DPP HBB, Parluhutan Situmorang kemudian membacakan SK Struktur Pelantikan Pengurus HBB DPD Mimika. Dimana Ketua DPD HBB Papua Tengah adalah, Saul Siburian, SE, Sekretaris Buttu Manullang, SPd dan bendahara serta bidang-bidang lain.

Usai pembacaan SK dilanjutkan dengan pelantikan diawali dengan pengucapan janji dan pelantikan serta penyerahan Bendera Pataka oleh Ketua DPP HBB, Lamsiang Sitompul kepada Ketua DPD HBB Papua Tengah, Saul Siburian dan penyerahan SK kepada Sekretaris DPD HBB Papua Tengah, Buttu Manullang.

Ketua DPD HBB Papua Tengah, Saul Siburian dalam sambutannya mengatakan, DPD HBB masih yang pertama hadir di Papua. Saul mengatakan, akan membuka DPC HBB di Jayapura dan bakal memperluas di kabupaten-kabupaten lain di Papua.

"Saya berharap didoakan agar Tuhan beri kekuatan untuk menjalankan mandat dari DPP HBB. Juga berterima kasih buat istri dan seluruh jajaran pengurus DPD HBB Papua Tengah, yang sudah memberikan dukungan sehingga bisa berjalan dengan baik," ujarnya.

Pada kesempatan itu, juga ditampilkan tarian Tortor Batak oleh para pelajar dan Tarian Yospan. Ketua DPP HBB, Lamsiang Sitompul dalam sambutannya mengatakan, dirinya yang baru pertama menginjakkan kaki di Tanah Amungsa, sudah merasakan sambutan hangat dari masyarakat Papua, sebab dari dulu persaudaraan memang sudah terjalin.

"Ini jadi langkah awal berdirinya HBB di Papua. Dapat dikembangkan di semua provinsi dan membawa kemajuan bagi seluruh Papua,"ujarnya.

Sekum menambahkan bahwa lewat HBB, akan jadikan Orang Batak Menjadi Papua, artinya apa yang bisa diberikan HBB menjadi sumbangsih bagi Papua di semua bidang.

"Jadikan Papua Tengah menjadi berkat bagi semua orang lewat HBB yang sudah ada di 11 provinsi dengan ditambah dengan 6 provinsi di Papua,"terangnya.

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan Setda Mimika, Yakobus Kareth dalam sambutannya membacakan sambutan Bupati Mimika mengatakan, HBB diharapkan agar semakin menunjukkan eksistensi demi mensukseskan pembangunan di Mimika.

"Juga meningkatkan kerjasama demi Mimika yang semakin sejahtera. Dan warga Batak mampu membangun solidaritas dengan warga lain dan tetap solid demi kemajuan dan kesuksesan bersama, dan mari hidup saling menghargai,"ujarnya.

Dia juga mengatakan, ketika Orang Batak sudah datang merantau di Papua, maka fokus sudah ada di Papua dan mengajak agar HBB terus meningkatkan kebersamaan dalam membangun seluruh Papua yang Sejahtera.

HBB juga kata Yakobus, jadi penyangga bagi Mimika dan Papua Tengah sesuai dengan motto Eme Neme Yauware yang bermakna Bersatu, Bersaudara Membangun, bersama semua suku yang ada di Papua.

Rangkaian pelantikan diakhiri dengan lelang Ulos Batak senilai Rp 25 juta,dan hiburan serta makan bersama. Sabtu malam, acara hiburan akan dilanjutkan di Hotel Kanguru di Jalan Cenderawasih Timika dengan menampilkan artis-artis Batak dari Jakarta dan dari Timika.

Penulis/Editor: Sianturi