SALAM PAPUA (TIMIKA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika melalui Bagian Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Setda Mimika menggelar sosialisasi promosi produk unggulan daerah bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), yang dilaksanakan di Hotel Kanguru Timika, Jumat (12/7/2024).

Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan Setda Mimika, Inosensius Yoga Pribadi dalam sambutan Bupati Mimika Johannes Rettob mengatakan, produk unggulan daerah (PUD) merupakan produk yang memiliki ciri khas dan keunikan yang tidak dimiliki daerah lain serta berdaya saing dan memberikan peluang bagi kesempatan kerja terhadap masyarakat.

Kabupaten Mimika memiliki potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang sangat besar sehingga bisa diolah menjadi produk-produk UMKM berkualitas, salah satunya Noken dan Sagu.

“Maka kami berharap semua UMKM dapat berupaya memanfaatkan dan mengoptimalkan potensi SDA, SDM dan potensi Budaya Lokal di Mimika, sehingga dapat mengembangkan produknya agar mudah dikenal, didapat dan berdaya saing tinggi,” ujarnya.

Menurutnya, pengembangan produk unggulan daerah akan berhasil apabila telah melalui kajian yang mendalam dan di dalam pelaksanaan harus didukung oleh peran serta Pemerintah Daerah dan berkoordinasi dengan pemangku kepentingan lainnya.

“Dengan terus dipromosikan produk unggulan di tanah Papua terkhusus di Kabupaten Mimika maka makin banyak produk yang dapat di ekspor dengan mendorong pemasaran produk unggulan daerah ini. Saya berharap sosialisasi ini dapat diikuti dengan baik sehingga dapat diimplementasikan dalam pekerjaan sehari-hari,” harapnya.

Sementara Kepala Bagian Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Setda Mimika, Altianua Uamang melalui Ketua Panitia Ritha Palindang menjelaskan, sosialisasi dilakukan sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat, sehingga masyarakat yang menjalankan UMKM dapat mengembangkan produk unggulan yang dipasarkan.

Selanjutnya produk dari UMKM dapat dipaparkan pada aplikasih E-Katalog Pemkab Mimika sehingga dapat dikenal lebih luas lagi.

“Sosialisasi ini untuk mempromosikan produk UMKM dalam aplikasi E-Katalog. Jadi misalnya OPD akan bikin kegiatan UMKM, nah mereka bisa lihat ada produk bagus di E-Katalog, sehingga mereka bisa ambil dan tampilkan pada kegiatan OPD,” ujarnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy