SALAM PAPUA (TIMIKA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Tengah memberikan hibah senilai Rp 10 miliar kepada Korem 173/PVB, yang rencananya akan diperuntukkan bagi pembangunan perumahan prajurit TNI di Kabupaten Nabire.

Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) antara Pemerintah Provinsi Papua Tengah dengan Korem 173/PVB dipimpin langsung Pj Gubernur Papua Tengah, Dr. Ribka Haluk dengan Danrem 173/PVB Brigjen Frits Wilem Rizart Pelamonia, di Aula Kantor Gubernur, Nabire, Jumat (12/7/2024).

“Penandatanganan NPHD ini adalah komitmen pemerintah Provinsi Papua Tengah, dalam menyelenggarakan pelayanan umum secara  menyeluruh, termausuk mendukung penyelenggaraan pelayanan kepada masyarakat yang dilakukan Korem 173/PVB,” ungkap Ribka Haluk dalam rilis yang diterima salampapua.com, Sabtu (13/7/2024).

Ribka Haluk menegaskan, untuk mewujudkan pembangunan yang paripurna di Papua Tengah dengan waktu yang singkat ini tentu tidak dapat dilaksanakan sendiri. Sehingga diharapkan dukungan dan partisipasi aktif dari seluruh masyarakat serta stehkolder terkait.

“Dana yang diberikan ini sebenarnya, nilainya tidak sebesar perjuangan yang diberikan TNI-Polri dalam mewujudkan rasa aman dan tenteram di tengah-tengah masyarakat. Namun ini bagian dari bentuk kontribusi pemerintah untuk mendukung TNI,” jelasnya.

Ia juga menilai tanpa daerah yang aman dan kondusif, pemerintah juga tidak bisa melakukan pembangunan. Ia berharap koordinasi antara pemerintah daerah dan TNI-Polri bisa terus terjalin dengan baik.

“Program pembangunan yang saat ini dikebut pemerintah, bisa berjalan apabila daerah ini aman dan kondusif. Semoga dengan bantuan ini, bisa membantu para prajurit Korem 173/PVB yang saat ini berpindah markas dari Biak ke Nabire,” ujarnya.

Sementara itu, Danrem 173/PVB Brigjen TNI Frits Wilem Rizart Pelamonia, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Pj Gubernur atas perhatiannya kepada para prajuritnya.

“Saya mewakili seluruh prajurit Korem, memberikan rasa hormat dan terima kasih kepada Pj Gubenur. Dana hibah ini sangat luar biasa pentingnya bagi prajurit. Di mana kami akan menggunakannya untuk membangun perumahan prajurit,” ungkapnya.

Frits memuji Pj Gubernur Ribka Haluk dalam memimpin Papua Tengah. Ia menilai Ribka Haluk tidak segan-segan turun langsung, untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi masyarakatnya.

“Saya telah bertugas di Mimika, Jayapura dan Merauke. Namun baru kali ini saya melihat pemimpin di Tanah Papua yang selalu memikirkan kondisi keamanan masyarakatnya. Saya doakan yang memimpin daerah ini kelak tak jauh tipikalnya dengan Ibu Pj Gubernur,” pungkasnya.

Penulis: Evita

Editor: Sianturi