SALAM PAPUA (TIMIKA) - Politeknik Amamapare Timika menggelar wisuda ke-XII bagi 68 mahasiswa angkatan ke-XXI jenjang Diploma 3 (Ahli Madya), yang diselenggarakan di Hotel Cenderawasih 66 Timika, Jumat (19/7/2024).

Adapun 68 lulusan ini terdiri dari Program Studi (Prodi) D3 Teknik Pertambangan sebanyak 15 orang, D3 Teknik Mesin sebanyak 15 orang, D3 Teknik Sipil 15 orang, dan D3 Teknik Listrik 21 orang.

Diketahui, Politeknik Amamapare Timika telah terakreditasi BAN PT untuk Perguruan Tinggi (institusi) dan semua Prodinya.

Direktur Politeknik Amamapare Timika, Ir. Herman Dumatubun,S.T,M.T dalam sambutannya menjelaskan, dengan adanya peningkatan jumlah mahasiswa dari tahun ke tahun, pihaknya juga terus meningkatkan kualitas Kampus.

Di antaranya, untuk jumlah Prodi saat ini terdapat 4 Prodi jenjang Sarjana (S1) Terapan atau D-IV yakni Prodi S1 Terapan Teknologi Rekayasa Otomotif, S1 Terapan Teknologi Rekayasa Listrik, S1 Terapan Teknologi Rekayasa Internet, dan S1 Terapan Teknologi Rekayasa Pengelolaan dan Pemeliharaan Bangunan Sipil, serta 1 jenjang Diploma 3 yakni Prodi Teknik Pertambangan.

Sementara yang sebelumnya ada 3 Prodi jenjang Diploma 3 akan ditutup pada tahun 2024 ini adalah Prodi D3 Teknik Listrik, serta akan ditutup pada tahun 2025 adalah Prodi D3 Teknik Mesin dan D3 Teknik Sipil.

Untuk peningkatan kualitas Dosen, saat ini terdapat 26 dosen tetap yang mana 7 di antaranya telah tersertifikasi dosen dan tahun depan ada 4 dosen lagi yang akan eligible untuk sertifikasi dosen. Sedangkan untuk pangkat akademik, terdapat 6 dosen yang memiliki jabatan fungsional Lektor, 12 dosen Asisten Ahli, dan 8 dosen sebagai tenaga pengajar (atau dalam proses pengurusan jabatan fungsional).

Di samping itu, saat ini pihaknya juga sedang meningkatkan pembangunan fasilitas Kampus dengan penambahan kelas dan aula.

Ia berharap tetap ada perhatian dari semua pihak khususnya kepada mahasiswa yang sedang menempuh kuliah, sehingga tidak ada lagi permasalahan pembiayaan terutama kepada mahasiswa 7 Suku di Kabupaten Mimika yang merupakan tanggung jawab bersama.

“Kami sampaikan banyak terimakasih kepada pihak yang telah memberikan bantuan kepada kami, mulai dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah hingga LLDikti. Dan untuk mahasiswa yang telah diwisuda, perjuangan belum berakhir tapi ini merupakan babak baru dalam kehidupan kalian dimana tantangan ke depan semakin berat. Harapan kami kalian dapat menjaga nama baik Perguruan Tinggi ini. Kepada orang tua, pemerintah dan masyarakat, kami mempersembahkan 68 lulusan kami ini untuk berkarya bagi bangsa ini khususnya bagi Tanah Amungsa Bumi Kamoro ini,” tuturnya.

Sementara Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah XIV Se-Tanah Papua, Dr. Suriel Semuel Mofu,S.Pd,M.Ed.TEFL,M.Phil(Oxon) dalam sambutannya berpesan kepada wisudawan dan wisudawati Politeknik Amamapare Timika, agar menjadi seorang pencipta kerja dan bukan hanya pencari kerja.

Suriel pun menyempatkan diri untuk menyampaikan terima kasihnya khususnya kepada Perguruan Tinggi Swasta (PTS), yang menurutnya adalah “juruselamat” bagi anak-anak Papua. Dia mengungkapkan hal ini bukan tanpa alasan, sebab di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), mahasiswa sulit untuk Bon (hutang) SPP, tapi di PTS bisa Bon, hingga akhirnya dapat menamatkan studinya di Perguruan Tinggi.

Suriel juga mengatakan bahwa LLDikti XIV hingga saat ini telah memfasilitasi dengan beasiswa kepada sekitar 8000 mahasiswa-mahasiswi di PTS, dan menganggarkan Rp 2 Miliar setiap tahunnya untuk membayar tunjangan bagi dosen-dosen yang tersertifikasi. Berdasarkan hal ini, Dia pun mempertanyakan apa yang telah diberikan Pemerintah Daerah di 6 Provinsi di Tanah Papua ini kepada setiap Perguruan Tinggi.

“Ada dua modal yang dimiliki yaitu Tuhan dan waktu, dimana uang adalah waktu, maka belanjakan waktu dengan baik. Buka wawasan anda, buka pikiran anda, berdoa dan percaya bahwa anda pasti akan sukses. Saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Politeknik Amamapare Timika dan juga Perguruan Tinggi Swasta terkhusus di Mimika yang telah menciptakan generasi-generasi yang unggul,” ungkapnya.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Bupati Mimika Johannes Rettob dalam sambutannya berharap PerguruanTinggi-Perguruan Tinggi di Kabupaten Mimika tetap eksis membantu masyarakat, dan tetap bermitra dengan Pemerintah Daerah dalam memberikan pengetahuan dan pembelajaran bagi anak-anak Mimika sehingga dapat menempuh pendidikan dengan baik.

“Tentu kami Pemerintah Kabupaten akan terus memberikan dorongan dan dukungan yang luar biasa kepada Perguruan Tinggi. Mudah-mudahan ke depan kita akan berkolaborasi memajukan Perguruan Tinggi di Timika,” ujarnya.

Bupati John Rettob berharap, mahasiswa yang telah diwisuda di Politeknik Amamapare Timika ini dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh, sehingga dapat membantu dalam pembangunan di Kabupaten Mimika.

Tantangan ke depan akan semakin banyak, sehingga dirinya juga berharap kepada lulusan Politeknik Amamapare Timika agar memiliki jiwa wiraswasta sehingga dapat menciptakan peluang bisnis dan membuka lapangan pekerjaan baru.

“Kalian semua (lulusan) ini kan memiliki peluang untuk membuka lapangan pekerjaan, karena kalian ini ahlinya. Saya mewakili Pemerintah Daerah mengucapkan selamat kepada semua mahasiswa yang hari ini diwisuda,” tutupnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy