SALAM PAPUA (TIMIKA) - Dalam rangka Hari Sumpah Pemuda Tahun 2024, Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Mimika akan menggelar lomba atau festival band dan Mimika Mencari Bakat untuk umum.

Kepala Disparbudpora Mimika Jacob Jantje Toisuta mengatakan, kedua kegiatan tersebut akan digelar pada 28 Oktober 2024 mendatang dalam rangka Hari Sumpah Pemuda.

“Kemungkinan di Bulan Oktober kita menggelar dua kegiatan atau Festival Mimika Mencari Bakat dan lomba Band, untuk merayakan Hari Sumpah Pemuda,” ujarnya saat ditemui di Halaman Gedung Eme Neme Yauware, Jumat (5/7/2024).

Ia menjelaskan, untuk pencarian bakat saat ini masih sementara disiapkan sehingga belum ditentukan kriteria dan syaratnya, namun untuk lomba band ditentukan tidak ada batas usianya. Jadi siapapun yang siap boleh mendaftarkan bandnya.

“Untuk pencarian bakat belum kita tentukan bakat apa saja, sementara masih dipersiapkan. Kalau band sudah jelas siapapun yang siap boleh mendaftar,” jelasnya.

Untuk pendaftaran akan dilakukan di Kantor Disparbudpora, dan setelah persiapan dilakukan pendaftaran akan langsung dibuka. Jadi untuk pemuda dan pemudi di Kabupaten Mimika dapat mempersiapkan diri.

“Pendaftaran kita buka setelah persiapan selesai dilakukan, nanti kita infokan kembali. Yang jelas pendaftaran di kantor kami, pemuda dan pemudi dapat menyiapkan dirinya,” ungkap Jacob.

Terkait dengan hadiah, pihaknya masih akan mendorong di Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P), sebab sebelumnya pada APBD induk anggaran yang ditetapkan tidak memenuhi.

“Untuk pendaftaran semua gratis. Nah untuk hadiahnya ini saya mau dorong di APBD-P karena kemarin ditetapkan hadiahnya sangat kecil,” pungkasnya.

Penulis: Evita

Editor: Sianturi