SALAM PAPUA (JAKARTA)- Lagi-lagi Pemerintah Papua Tengah mendapat penghargaan atas komitmennya mensukseskan Pemilu dan Pemilukada 2024. Kali ini penghargaan datang dari Direktorat Jendral (Dirjen) Bina Keuda Kementrian Dalan Negri RI, Jakarta, Selasa (16/7/2024).

Penghargaan ini diberikan kepada Provinsi Papua Tengah, sebagai daerah yang telah menyalurkan pembiayaan 100% kepada Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), TNI dan Polri.

Pelaksana Harian (Plh). Dirjen Bina Keuda Kemendari Horas Maurits Panjaitan, menegaskan pentingnya gelara Pemilukada serentak ini. Menurutnya, kegiatan strategis ini harus dipastikan penyediaan pendanaannya, hal ini sebagai amanat Pasal 166 Ayat (1) UU Nomor 10 Tahun 2016, bahwa seluruh pembiayaan Pemilukada bersumber dari APBD.

“Dalam kesempatan ini, kami juga mengapresiasi kepada Pemda yang telah menyalurkan 100% baik kepada KPUD, Bawaslu, maupun TNI/Polri, bahkan daerah-daerah ini akan kita berikan di wilayah Jawa dan Sumatera, ada lima Pemda, penghargaan berupa piagam. Penghargaan ini kita berikan sebagai salah satu komitmen, dan juga penghargaan dalam merealisasikan ketentuan perundang-undangan secara tepat waktu," jelas Maurits.

Sebagaimana diketahui, pelaksanaan Pilkada akan dilaksanakan pada 27 November 2024 mendatang. Menurutnya, Pemerintah Daerah (Pemda) dan stakeholder terkait memiliki peran penting juga strategis dalam menyukseskan pesta demokrasi.

"Tentunya di daerah kami berharap  dapat berjalan lancar Pilkada secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil tambahkan satu lagi adalah stabilitas keamanannya terjamin,” tegasnya.

Tak hanya itu, Maurits juga memberikan atensi terkait daerah yang masih belum menyalurkan keseluruhan pendanaan Pilkada, agar segera menyalurkan dana tersebut. Hal ini dilakukan guna memastikan pelaksanaan Pilkada dapat terjamin pelaksanaannya.

"Kami mohon Pemerintah Daerah berkomitmen, menyamakan persepsi, menciptakan stabilitas politik yang kondusif, memberikan dukungan kepada penyelenggara dan pihak keamanan menciptakan rasa aman bagi masyarakat, serta meningkatkan partisipasi masyarakat, demi kelancaran penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024 di seluruh Pemerintah Daerah," ujar Maurits.

Sementara itu, Penjabat Gubernur Papua Tengah, Dr. Ribka Haluk, SSos MM mengungkapkan rasa terima kasih atas penghargaan yang diberikan Kemendagri kepada Pemerintah Provinsi Papua Tengah.

“Ini sebuah capaian yang baik buat kami, walau kami merupakan daerah DOB, namun dalam menjalankan pemerintahan, kami dapat mengimbangi daerah lain. Tentu ini juga dapat kami raih, berkat tuntunan dan arahan dari Pak Mendagri kepada kami, salah satunya dengan memberikan 12 roadmap sebagai pegangan dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab,” jelasnya, sesuai rilis yang diterima Salampapua.com, Rabu (17/7/2024).

 Selain itu, Ribka Haluk merasa penghargaan ini juga dapat diraih berkat kerja sama yang baik pemerintah daerah 8 kabupaten di Papua Tengah, yang menunjukkan komitmennya dalam melaksanakan Pemilukada 2024. Penghargaan ini akan dijadikan semangat seluruh jajarannya dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab, terlebih dalam mensukseskan Pemilukada.

“Pada prinsipnya Pemerintah Provinsi dan 8 Kabupaten di Papua Tengah siap mensukseskan Pemilukada 2024 dengan baik. Tidak ada alasan bagi kami mengatakan Pemilukada tidak berjalan dengan lancar,” lugasnya.

Editor: Sianturi