SALAM PAPUA (TIMIKA)- Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Mimika bersiap menerapkan metode pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar pada tahun ajaran baru 2024/2025 bagi siswa baru. Hal itu dikatakan Kepala Sekolah SMA 1 Mimika, Fransina Mayabubun, SPd usai serah terima siswa baru sekaligus upacara bendera, Senin (22/07/2024).

Sebanyak 591 siswa baru diserahkan ke sekolah usai mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang digelar Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pekan lalu. Kepsek mengatakan para siswa baru akan dibagi menjadi 14 kelas dan akan dibagi untuk kelas pagi dan siang.

"Nanti ada kelas-kelas yang khususnya sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Karena kelas XI dan XII masih Kurikulum 2013,"ujarnya.

Untuk mendukung hal itu, dari sisi jumlah guru sudah mencukupi. Saat ini pihaknya masih menunggu guru, namun yang pasti, semua guru siap mengajar meski ada juga yang pindah ke SMA Negeri 7 Mimika. Dan untuk tahun ajaran baru bagi siswa Kelas X sudah menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar.

"Fasilitas sudah siap dan kami pakai jam pagi dan siang, dan beberapa gedung akan direnovasi demi meningkatkan kualitas pembelajaran,"jelasnya.

Saat ini SMA Negeri 1 Mimika lanjutnya, mendidik ribuan siswa dengan jumlah guru 70 orang.

"Sebagai kepsek baru, pada saat ini saya akan terus memberikan dukungan dan semangat serta motivasi bagi seluruh siswa agar terus belajar dengan giat. Demikian juga pàra guru, apa yang menjadi hak-hak mereka harus diperjuangkan, sebagai salah satu faktor yang memotivasi mereka dalam bekerja,"paparnya.

Dirinya juga memohon dukungan dari semua orang tua dan wali siswa, agar bekerja sama dalam mendidik anak-anak ke depan.

"Anak-anak bisa masuk ke sekolah kan karena orang tua, jadi kita harus kerjasama saling membantu dan saling mendukung bersama komite sekolah,"tuturnya.

Untuk diketahui, Mayabubun sendiri akan menggantikan Matheus Mamo sebagai kepsek, yang segera memasuki usia pensiun pada 25 Juli 2024 mendatang.

Penulis/Editor: Sianturi