SALAM PAPUA (TIMIKA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua Tengah menggelar Rapat Evaluasi Pembentukan Badan Adhoc Pemilihan 2024 dan Penerimaan ASN 2024 bersama KPU 8 Kabupaten, yang dilaksanakan di Hotel Horison Diana Timika, Kamis (11/7/2024).

Ketua KPU Provinsi Papua Tengah, Jennifer Darling Tabuni mengungkapkan bahwa rapat evaluasi ini berkaitan dengan divisi sumber daya manusia (SDM) untuk mengevaluasi tentang penyelenggara tingkat bawah atau adhoc, terutama pada bagian sekretariat di PPD ataupun PPS.

"Kami evaluasi bersama untuk pembentukan badan adhoc, karena sampai saat ini masih banyak yang belum tercover," kata Jennifer usai membuka kegiatan.

Disampaikan, pada evaluasi pembentukan badan adhoc ini sekaligus mengecek keharmonisan antar seluruh komisioner dan para staf di kesekretariatan.

"Proses Pilkada 2024 ini sedang berlangsung, jadi kita arahkan agar ada keharmonisan di antara semua komisioner dan stafnya supaya pelaksanaan Pilkada ini bisa berjalan dengan baik," katanya.

Selain hal itu, dai menambahkan, rapat juga membahas terkait persiapan perekrutan ASN P3K KPU 2024. Melalui pertemuan ini diberikan arahan bagi staf sekretariat agar bisa memberi pembekalan yang baik bagi semua pegawai yang ada di lingkup KPU masing-masing daerah agar dapat mengikuti seleksi tes ASN tersebut.

Disampaikan, secara nasional pengangkatan honorer menjadi ASN ini dengan kuota ribuan, tapi untuk kuota tingkat kabupaten akan makin sedikit. Namun masing-masing KPU Kabupaten harus mengupayakan agar semua tenaga honorernya bisa lulus dengan memberikan pembekalan-pembekalan.

"Yang harus dipersiapkan dan diutamakan itu honorer yang memang mengabdi di KPU, itulah makanya hari ini kami rapat. Disampaikan juga bahwa honorer di KPU Provinsi sebanyak 29 orang yang akan dipersiapkan,” tambahnya.

Sementara itu, Kadiv Sosialisasi SDM KPU Provinsi Papua Tengah, Octovianus Takimai mengatakan bahwa  kuota yang secara nasional kurang lebih sebanyak 3000 yang harus diangkat, sehingga KPU Papua Tengah berharap agar seluruh honorer KPU di 8 Kabupaten bisa ikut tes dan lolos.

Menurut Dia, hingga saat ini belum ditetapkan jadwal tes, namun dari pusat telah diarahkan agar seluruh KPU segera mempersiapkan hal tersebut.

"Jadi komitmen kami adalah bagaimana caranya supaya semua honorer KPU di Papua Tengah bisa lolos," ujarnya.

Penulis: Acik

Editor: Jimmy