SALAM PAPUA (TIMIKA)- PT Petrosea Site Timika menggelar training penguatan Kurikulum Merdeka untuk guru SMP Area Petrosea Mimika dan disiapkan oleh Tim CSR Petrosea Timika di Hotel & Resto Cenderawasih 66 Timika. Demikian rilis yang diterima Redaksi Salampua.com dari Tim CSR Petrosea Timika, Kamis (11/07/2024).

Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum yang saat ini diberlakukan di semua tingkat pendidikan mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembejalaran intrakurikuler yang beragam, dimana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi.

Guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar, sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik. Guru memegang peran penting dalam pelaksanaan proses belajar mengajar. Guru memiliki tantangan bagaimana mengembangkan metode belajar mengajar yang efektif dan menarik bagi siswa didik.

Permasalahan yang dihadapi saat ini adalah bagi guru yang berada di tapal batas, sulit mendapatkan inovasi dalam pengetahuan metode pembelajaran, jarang mendapatkan pemberian kapasitas pengetahuan.

Jika dikaitkan dengan Kurikulum Merdeka, tingkat pemahaman guru masih rendah terhadap pengetahuan kurikulum tersebut. Metode pembelajaran yang bagaimana yang bisa mengarah pada Kurikulum Merdeka, bisa diterima oleh siswa didik. Bagaimana guru bisa mengetahui metode pembejalaran yang efektif dan diminati oleh siswa didik.

Petrsoea Site Timika memiliki komitmen untuk mengembangkan program CSR pilar sesuai dengan perkembangan dan isu yang ada di pemerintah untuk sektor pendidikan. Masih menjadi permasalahan, dimana ketika ada kurikulum baru terkadang ada gap pemahaman dalam pelaksanaannya. Masih kurang pahamnya guru dalam implementasi kurikulum merdeka di tingkat SMP yang ada di sekitar Site Timika menjadi hal yang penting, perusahaan memberikan kontribusi untuk menangani masalah ini.

Bekerjasama dengan Tim Pengembang Kurikulum Pendidikan SMP, Dinas Pendidikan Kabupaten Mimika, Petrosea melaksanakan training guru SMP mulai tanggal 11-13 Juli 2024. Tim CSR Petrosea pada tahap awal melakukan identifikasi sekolah mana saja yang sangat dekat denga area kerja Petrosea.

Teridentifikasilah 5 sekolah. Tim CSR terus melakukan komunikasi dengan kepala sekolah untuk memberikan perwakilan guru, yang bisa mendapatkan peningkatan kapasitas kurikulum merdeka melalui traning ini. Masing-masing sekolah sudah mengirimkan 4 orang guru per masing-masing mata pelajaran atas rekomendasi kepala sekolah.

Tujuannya dari training ini diharapkan para guru dapat memahami dasar, pengembangan dan impelemntasi Kurikulum Merdeka. Dan selanjutnya peserta dapat menggunakan perlengkapan instrument pembelajaran berbasis aplikasi pendidikan seperti canva, dan bisa mengimplementasikannya. Terakhir, peserta dapat melakukan pengimbasan kepada guru lainnya yang masih dalam satu sekolah, sehingga kebermanfaatan tidak berhenti di guru yang mendapatkan training saja. Setiap guru peserta training akan mendapatkan sertifikat pelatihan, jika sudah mengikuti dan memenuhi jam pelatihan, termasuk melakukan proses pengimbasan.

Pada kesempatan kegiatan training ini Petrosea bekerjasama dengan Flour dan mendapatkan dukungan penuh dari dinas pendidikan Mimika. (CSR PT Petrosea)

Editor: Sianturi